Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Okt 2011 14:06 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sadranan yang Menawan

Thopa Goodboy
d'travelers
Foto 1 dari 3
Pantai Sadranan
Pantai Sadranan
detikTravel Community -

"Mau wisata pantai di Jogja, pergilah ke Parang Tritis!"

Mungkin perkataan itu sering kita dengar apabila berkunjung ke Provinsi D.I Yogyakarta. Wisata pantai yang paling terkenal memang Pantai Parang Tritis, mempunyai jarak tempuh sekitar 45 menit perjalanan dari kota Yogyakarta. Padahal masih banyak wisata pantai di provinsi ini yang lebih bagus dari Pantai Parang Tritis. Salah satunya adalah pantai yang saya kunjungi, yaitu Pantai Sadranan.

Sadranan adalah pantai eksotis yang ditawarkan oleh Gunung Kidul. Kabupaten yang berada di bagian paling Timur Provinsi DIY ini memang terkenal akan pantai-pantai pasir putihnya yang tak kalah menarik dibanding pantai-pantai sejenis yang ada di Bali. Sebut saja pantai Krakal, Kukup, Baron, Sundak, dan tentu saja Sadranan. Pantai Sadranan berasal dari kata seduluran/persaudaraan dan merupakan upacara adat Jawa yang biasa dilakukan pada bulan Syaban. Sehingga pantai ini ramai pada bulan Syaban untuk melakukan Upacara Sadranan.

Pantai Sadranan terletak sekitar 0,5 km di sebelah Timur Pantai Krakal. Jika ditempuh dari Yogyakarta, akan memakan waktu sekitar 2 jam. Masih jarang angkutan umum yang menuju ke sana, jadi sangat dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Saya sendiri saat itu menggunakan motor bersama teman saya.

Selepas meninggalkan Jogja, kita akan disuguhi jalan berkelok-kelok lumayan tajam, jadi harus hati-hati. Tapi, setelah sekitar 30 km menempuh jalanan yang berkelak-kelok itu, jalan menjadi cenderung datar. Untuk masuk ke area pantai hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp3.000,-. Pantai Sadranan ini juga agak tersembunyi, kita harus melewati jalan sempit berbatu dulu untuk mencapai pantai. Begitu juga dengan papan petunjuk lokasi pantai yang sangat kecil, jadi harus pasang mata baik-baik agar tidak terlewat.

Salah satu keistimewaan dari Pantai Sadranan ini adalah pasir putihnya yang lebih putih dan bersih dibanding pantai-pantai lain di sekitarnya. Mungkin karena pantai ini memang belum banyak dikunjungi orang. Dan,  seperti sejumlah pantai lain di kawasan Gunungkidul, di Pantai Sadranan juga terdapat karang-karang yang membuat ombak di pantai tersebut tergolong tenang.

Di dekat pantai juga terdapat sebuah warung. Di warung tersebut selain menyediakan makanan dan minuman terdapat kamar mandi untuk membersihkan diri setelah berenang di pantai. Warung tersebut biasa digunakan sebagai tempat untuk bersantai. Nyaman sekali untuk digunakan sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman sambil menikmati pemandangan laut.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA