Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 29 Okt 2011 22:44 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Gunung Nglanggeran, Middle-Earth di Yogyakarta

Foto 1 dari 5
Puncak Nglanggeran
Puncak Nglanggeran
detikTravel Community -

Mungkin judulnya agak berlebihan tapi memang ada gunung di Yogyakarta yang mirip lokasi shooting The Lord of The Rings Trilogy.

Nama tempatnya Gunung Api Purba Nglanggeran, letaknya di Kabupaten Gunung Kidul. Sejarahnya jutaan tahun yang lalu Nglanggeran merupakan gunung berapi aktif yang sudah lebih dahulu ada bahkan sebelum Gunung Merapi terbentuk. Sekarang Nglanggeran sudah tidak aktif dan dijadikan kawasan ekowisata, bahkan sedang diwacanakan menjadi geo-park. Jalan menuju Nglanggeran tidak jauh dari Jln. Wonosari, tepatnya sebelum hutan Wanagama kalau berjalan dari arah Yogyakarta. Tempatnya sudah cukup terkenal bagi sebagian kalangan, namun mungkin kalah touristy dengan objek-objek lain macam Parangtritis atau Candi Prambanan sehingga banyak penduduk Jogja yang tidak tahu tempat ini. Saya sendiri baru tahu tempat ini belum lama dari teman-teman saya yang hobi naik gunung dan trekking. Saya jadi malu sendiri ada spot menarik dekat tempat saya tinggal sementara saya banyak mencari tourist spot yang jauh-jauh.

Hiking di Nglanggeran cukup unik. Nglanggeran memiliki slope yang cukup curam, lebih dari 45 derajat mungkin. Umumnya di gunung kelandaian tanahnya perlahan-lahan miring dan naik sampai pada puncaknya, tapi di Nglanggeran permukaan tanah di lereng gunung cukup datar dan mendadak slope-nya menjadi curam, nyaris vertikal 90 derajat dan setelah mencapai puncak perlahan mendatar lagi. Karena curamnya lereng, maka treknya berpola zig-zag. Makanya jarak trek yang sebenarnya pendek jadi lebih panjang karena rute yang zig-zag.

Sepanjang trek, slope-nya memang rata-rata cukup curam dan luas treknya cukup sempit. Permukaan gunung didominasi batuan yang jadi ciri utama kondisi geografis Gunungkidul. Bahkan beberapa trek merupakan celah sempit antara batuan Gunung Nglanggeran, kalau diibaratkan seperti Canyon Park di film 127 Hours.

Belum lama ini saya bersama teman-teman sempat trekking di Nglanggeran. Perjalanan dengan mobil dari kota Yogyakarta memakan waktu kurang lebih 30 menit. Sesampai di Nglanggeran, setelah membayar Rp5.000,00 untuk tarif parkir dan Rp3.000,00 untuk tiket masuk, langsunglah kami memulai pendakian. Setelah melewati 3 pos pendakian yang disambi berhenti-berhenti buat foto-foto di spot-spot yang menarik, akhirnya sampai juga di puncak. Wah, kelelahan trekking terbayar deh dengan pemandangan dari atas Gunung. What a view from the top! Bentangan perbukitan Nglanggeran yang berbatu benar-benar terlihat seperti di Middle-Earth yang mengingatkan adegan The Lord of The Rings pertama ketika rombongan pembawa cincin berangkat dari Rivendell. Selain, pemandangan Gunung Nglanggeran, dapat juga melihat pemandangan dataran tinggi Gunungkidul yang hijau. Satu hal yang sebenarnya kurang menyenangkan, meskipun di pegunungan tapi di Nglanggeran cuacanya panas kalau sedang terik dan panasnya gak main-main.

Terlebih dari cuaca panas yang menyengat di Nglanggeran, pemandangan di Nglanggeran benar-benar worth it! Trek pendakian dan pemandangan yang unik menjadikan objek wisata ini wajib untuk dikunjungi.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA