Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Okt 2011 17:32 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat Keindahan Bendungan Wonorejo

Foto 1 dari 4
Jembatan Bendungan
Jembatan Bendungan
detikTravel Community -

Aku dan cowokku, serta kedua temanku mengunjungi Bendungan Wonorejo (28/07/2011). Bendungan Wonorejo terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Letak dari pusat Kota Tulungagung diperkirakan sejauh 12 kilometer. Dengan kapasitas sekitar 122 juta meter kubik, Bendungan Wonorejo menjadi salah satu bendungan terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Bendungan Wonorejo diresmikan pada tahun 2001 oleh Wakil Presiden Indonesia pada tahun tersebut, yaitu Megawati Sukarno Putri, setelah dibangun selama hampir 9 tahun sejak 1992. Bendungan Wonorejo memiliki fungsi penting sebagai salah satu pusat tenaga listrik dan sumber air minum di Provinsi Jawa Timur. Bendungan ini juga berfungsi sebagai sarana untuk pencegah banjir di Tulungagung yang dulu sering melanda kota tersebut, bersama Bendungan Neyama di Kecamatan Besuki.

Jalan menuju Bendungan Wonorejo dapat dijangkau dengan Mobil maupun Sepeda motor, jalannya sudah baik dan melewati bukit-bukit yang indah. Hanya dengan tiket masuk sebesar 3000 rupiah kita bisa masuk ditempat wisata. Disana kita bisa menikmati keindahan Bendungan. Ada penginapan/cottage, kolam renang, lapangan helikopter, dan rumah makan. Kita juga bisa naik perahu mengitari bendungan. Hawa sekitarnya sejuk sekali. Pokoknya menyenangkan deh. Tak heran bila kini Bendungan Wonorejo banyak dikunjungi orang dan jadi salah satu obyek wisata andalan kabupaten Tulung Agung. 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA