Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Jan 2012 17:33 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Hii! Gendruwo dan Wewe Gombel Bakal Gentayangan di Yogya

Sri Anindiati Nursastri
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Saparan Bekakak (tembi.org)
Saparan Bekakak (tembi.org)
detikTravel Community - Gendruwo, Wewe Gombel dan Ogoh-ogoh bakal bergentayangan di pinggiran Kota Yogyakarta, DIY. Tapi tenang, ini hanyalah parade kostum dari arak-arakan 'Saparan Bekakak' yang bisa Anda saksikan pada 13 Januari mendatang.

Sekitar 50 anak berkostum Gendruwo akan menjadi bagian dari arak-arakan sepanjang 6 kilometer di sekitar Kota Yogya. Upacara adat ini dilakukan oleh masyarakat Desa Ambarketawang, Gamping, Sleman, DIY.

Nama 'Saparan' berasal dari kata 'Safar', salah satu nama bulan dalam kalender Jawa. Sementara, 'bekakak' adalah sepasang boneka yang dibuat dari beras ketan dan menjadi 'artis' di upacara adat ini.

Dari rilis Disbudpar Pemkab Sleman kepada detikTravel, Selasa (10/1/2012), upacara adat ini digelar sebagai bentuk permohonan keselamatan bagi warga Gamping. Mengikuti prosesi Saparan Bekakak sangat menarik, karena penuh dengan tradisi dan budaya yang tentunya bisa diabadikan dalam kamera Anda.

Satu hari sebelumnya, tepat pukul 18.00 WIB, Anda bisa menyaksikan upacara adat 'Kembul Bujono' dan 'Midodareni', yang dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Tepat tanggal 13 Januari yaitu pukul 13.00 WIB, Anda bisa menyaksikan 'Besan Gambyong' dan 'Tari Gendruwo' sebagai prosesi pembukaan Saparan Bekakak. Atraksi utamanya yaitu arak-arakan dari Balai Desa Ambarketawang menuju Gunung Gamping Tlogo, melewati Jalan Ringroad Barat yang membatasi Kota Yogya dengan Kabupaten Sleman.

Yang menarik, arak-arakan ini akan diramaikan oleh sekitar 50 anak yang berkostum anak gendruwo, lengkap dengan pasangan gendruwo dewasa. Selain itu, terdapat juga beberapa komunitas seni budaya dari berbagai daerah yang ikut meramaikan arak-arakan ini.

Selain Saparan Bekakak, sepanjang tahun 2012 Anda juga bisa menyaksikan beberapa upacara lain di Sleman, seperti Mbah Bregas dan Tuk Si Beduq pada bulan Juli mendatang.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Hunting Foto di Dufan

Selasa, 24 Okt 2017 10:40 WIB

Selain menjajal aneka wahananya, traveler bisa sekalian hunting foto di Dufan. Siapkan kamera andalan kamu ya!