Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Jan 2012 16:33 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Seafood Ala Jimbaran, Harga Ala Nelayan di Kedonganan

Faela Shafa
d'travelers
Foto 1 dari 5
sunset di kedonganan
sunset di kedonganan
detikTravel Community - Ingin menikmati kelezatan seafood ala Jimbaran tanpa kantong harus bolong? Datang ke Pasar Nelayan Kedonganan, Bali. Sebagai pusat pasar ikan segar, Kedonganan memiliki unggulannya sendiri. Di sini bisa bakar ikan juga lho!

Anda mungkin penasaran, darimana Jimbaran memperoleh ikan segar? Pasar ikan Kedongangan adalah jawabannya. Anda bisa berburu ikan yang sama dengan yang disajikan di Jimbaran, jika pergi ke Kedonganan.

Dari depan area Jimbaran, Anda hanya perlu lurus mengikuti jalan kecil ke arah Kuta, melewati deretan cafe dan warung makan seafood, sampai menemukan penjaga daerah pasar. Sang penjaga akan menarik bayaran masuk area pasar, Rp 1.000 untuk motor dan Rp 2.000 untuk mobil. Dari situ, Pasar Kedonganan hanya tinggal beberapa meter lagi.

Pasar ikan ini sudah buka dari pukul 05.00 Wita dan pengunjung paling banyak mendatangi pasar pada pukul 10.00 Wita. Di sini, Anda bisa membeli berbagai macam ikan dengan harga yang jauh lebih murah dari restoran seafood di Jimbaran. Selain lebih murah, ikan-ikan di sini tentu lebih segar karena baru dipancing nelayan pada malam harinya. 

Sebagai contohnya, Anda bisa mendapatkan ikan snapper dengan harga Rp 50.000 per kilo, ikan kerapu Rp 30.000 per kilo dan ikan yanki zebra Rp 21.000 per kilo. Bermacam hewan laut lain pun dijual di sini. Harga untuk satu kilo cumi-cumi adalah Rp 35.000. Sedangkan harga yang ditawarkan untuk udang bermacam-macam, tergantung ukuran.

Untuk satu kilo udang dengan ukuran sedang dihargai Rp 75.000. Tidak lupa, lobster juga tersedia di sini, dari yang kecil sampai yang sebesar lengan. Lobster ukuran sedang dihargai Rp 300.000 per kilo. Pasar ikan ini tutup pada pukul 20.00 Wita atau 21.00 Wita. Meski sudah menjelang tutup, para pembeli masih terlihat menjelajah pasar dan penjual masih betah menjajakan dagangannya.

Harga akan sedikit naik pada saat hari-hari besar yang padat pengunjung seperti Tahun Baru dan Lebaran. Meski begitu, kenaikan harga tidak terlalu signifikan, hanya berkisar Rp 2.000-Rp 5.000 per kilonya. Yang membuat tempat ini berbeda dengan restoran dan warung seafood lain adalah interaksi yang terjalin dengan bersahabat. Selagi menawar dan memilih, Anda bisa berbincang ringan dengan penjual. Setelah ada kedekatan dari bincang-bincang ringan tersebut, biasanya penjual bisa dengan mudah memberi harga lebih murah dari penawaran awal.

Jangan dulu pulang, setelah puas berbelanja seafood, Anda bisa membakarnya langsung di warung-warung sekitar pasar. Untuk bumbu, berani diadu. Bumbu yang ditawarkan warung bakar ini tidak kalah enak dengan restoran seafood di jejeran Jimbaran. Tarif untuk membakar seafood di sini rata-rata Rp 10.000 per kilo. Setelah selesai dibakar, Anda pun bisa langsung menikmatinya di warung. Warung bakar ini juga menyediakan nasi dan berbagai minuman ringan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA