Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Jan 2012 17:04 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Barongko, Si Pisang Empuk yang Bikin Kangen

Fawaid Afif
d'travelers
Barongko
Barongko
detikTravel Community -

Sebuah daerah selain kaya akan keindahan alam dan kebudayaannya pasti juga memiliki kuliner khas. Seperti kuliner khas dari Makassar yang satu ini, yaitu Barongko.

Barongko adalah salah satu makanan yang nyamang (enak) dan massifa (lezat) dari ranah Bugis yang dibungkus menggunakan daun pisang. Makanan khas Bugis ini memang tidak kalah dengan makanan kecil yang sudah modern. Pisang yang menjadi bahan baku utamanya di olah sedemikian rupa. Sebagai pelengkapnya, barongko di bungkus menggunakan daun pisang kemudian di kukus.

Untuk penambah rasa terkadang durian menjadi sesuatu yang pas untuk barongko. Tapi, sebenarnya Barongko yang natural tanpa campuran lebih enak karena rasa pisangnya tidak tercampur dengan rasa durian. Namun, semua akan tergantung lidah masing-masing.

Jadi, jika jalan-jalan ke Makassar apalagi Sinjai jangan luput dan manjakan lidahmu dengan mencicipi barongko. Dijamin rasanya yang manis dan pisang yang empuk akan membuat Anda yang mencobanya kangen dan ingin memakannya lagi. Selamat mencoba!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED