Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Jan 2012 11:36 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menantang Buaya di Teritip, Balikpapan

Afif Farhan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Ribuan buaya (chalzworld.blogspot.com)
Ribuan buaya (chalzworld.blogspot.com)
detikTravel Community - Ingin mencari tantangan traveling yang berbeda? Datang saja ke Penangkaran Buaya Teritip di Balikpapan. Di sana, Anda dapat melihat berbagai jenis buaya, memberi makan, dan melihat telur buaya. Wisata yang menantang adrenalin!

Penangkaran Buaya Teritip mempunyai luas 5 hektar. Letaknya berada di Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan. Perjalanan dapat ditempuh dengan mobil, sekitar 30 menit dari pusat kota. Tempat ini mulai beroperasi sejak tahun 1990 dan sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Anda akan melihat buaya dan aktifitasnya lebih dekat di tempat ini.

Ada lebih dari 1.000 buaya yang berada di penangkaran ini. Serta terdapat dua jenis buaya langka, yaitu buaya air tawar (crocodylus siamensis) dan buaya supit (tomistoma segelly). Tempat Penangkaran Buaya Teritip buka setiap hari Senin-Minggu dari pukul 08.00-17.00 Wita, serta tiket masuk sebesar Rp 10.000. Tempat penangkaran ini terawat dengan baik dan memiliki banyak fasilitas, seperti lahan parkir, toilet, toko souvenir, dan restoran.

Anda dapat memberi makan langsung kepada buaya di tempat ini. Dengan membeli seekor ayam seharga Rp 10.000, Anda akan dipandu untuk langsung memberikan makanan kepada buaya. Anda dapat melihat bagaimana buaya saling berebut makanan dengan badan yang besar dan gigi-gigi yang tajam. Ingat, selalu perhatikan tanda-tanda kemanan dan arahan dari pemandu! Anda tentu tidak ingin menjadi santapan berikutnya bukan?

Telur buaya dan proses bertelur pun dapat Anda lihat di tempat ini. Jangan ragu untuk bertanya tentang penjelasan proses bertelur buaya kepada pemandu. Bayi-bayi buaya yang lucu juga dapat Anda lihat. Namun ingat, tetaplah berhati-hati. Kegiatan buaya sehari-hari seperti berenang, tidur, dan makan dapat disaksikan sejauh mata memandang di Penangkaran Buaya Teritip.

Setelah puas melihat buaya, jangan lupa untuk mencicipi makanan di restoran sekitar. Ada banyak menu-menu makanan yang berasal dari buaya, seperti sate buaya, daging buaya dan obat kuat yang berasal dari buaya, yaitu ramuan tangkur buaya. Ada banyak pula souvenir khas dari tempat ini yang berasal dari buaya, seperti dompet, tas, ikat pinggang, dan masih banyak lagi.

Berkunjung ke Penangkaran Buaya Teritip akan menjadi pengalaman traveling yang tidak akan terlupakan. Ribuan buaya akan memberi banyak cerita unik untuk Anda.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED