Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Feb 2012 12:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menengok Makam Siti Nurbaya di Padang

Foto 1 dari 2
Makam Siti Nurbaya (Sumber: rinaldimunir.wordpress.com)
Makam Siti Nurbaya (Sumber: rinaldimunir.wordpress.com)
detikTravel Community - Wafatnya Him Damsyik mengingatkan orang akan filmnya yang begitu fenomenal, yaitu Siti Nurbaya. Jika Anda salah satu penggemar film ini, cobalah untuk datang ke Padang, Sumatera Barat. Di sana, ada Taman Siti Nurbaya dan makamnya.

Film yang diperankan oleh alm. Him Damsyik ini sangat terkenal di era tahun 90-an. Siti Nurbaya adalah salah satu cerita rakyat Sumatera Barat yang berakhir tragis. Diceritakan mengenai seorang gadis yang dijodohkan paksa dengan pria yang bukan idamannya. Saking terkenalnya cerita ini, di Sumatera Barat dibuat taman bernama Taman Siti Nurbaya.

Taman Siti Nurbaya terletak di sebelah barat Kota Padang. Untuk mencapai taman, Anda harus melewati jembatan terlebih dahulu.Jembatan ini memiliki nama yang sama dengan tama, yaitu Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan yang dipercantik dengan dekorasi lampu yang menarik ini, menghubungkan kota Padang dengan Taman Siti Nurbaya. Jembatan ini terbentang di atas Muara Batang Arau.

Sekitar 500 meter setelah melewati jembatan, Anda akan tiba di kawasan Taman Siti Nurbaya. Untuk masuk ke dalam taman, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000.

Makam Siti Nurbaya berada di taman yang berada pada sebuah bukit, biasa disebut Gunung Padang. Untuk mencapainya, Anda harus menaiki anak tangga sepanjang 1 km. Oleh karena itu, sebelum datang berkunjung sebaiknya sudah Anda menyiapkan perbekalan makan dan minum.

Setelah menaiki anak tangga yang panjang ini, Anda bisa melihat sebuah makam bertuliskan Siti Nurbaya. Letaknya di balik batu besar dengan celah selebar pintu masuk. Makam gadis Minang yang dijodohkan paksa dengan Datuk Maringgih ini telah dilapisi semen. Tampak sangat terawat.

Di makam ini, sekilas Anda akan diajak mengenang kisah kasih tak sampainya dengan Samsul Bahri, sang kekasih. Sayangnya, pengunjung yang datang dilarang untuk berfoto di sekitar makam. Konon, aktivitas tersebut bisa berakibat buruk bagi si pengunjung.

Setelah puas berziarah di Makam Siti Nurbaya, Anda bisa beristirahat di taman dengan kembali menaiki tangga sepanjang 100 meter. Di sana, ada sebuah taman indah dengan pepohonan rindang dan bangku untuk pengunjung.

Dari taman ini, Anda bisa melihat pemandangan Kota Padang dan laut birunya. Menikmati pemandangan Kota Padang sambil santap siang pasti terasa nikmat.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED