Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Mar 2012 16:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Glass Beach, Pantai Berpasir Kaca di California

Faela Shafa
detikTravel Community
Foto 4 dari 4
bebatuan warna warni yang cantik (zmescience.com)
bebatuan warna warni yang cantik (zmescience.com)
detikTravel Community - Jika Hawaii punya pantai pasir hijau dan merah, California punya pantai berpasir kaca. Bebatuan kaca warna-warni menjadikan pantai ini seperti berpasir permata. Lihat sendiri keunikan pantai ini saat berkunjung ke sana.

Sesuai namanya, Glass Beach adalah pantai dengan pasir kaca. Bebatuan kaca tersebar di sepanjang pantai ini. Pantai unik ini berada di Taman Nasional MacKerricher, dekat Kota Fort Bragg, California.

Pasir gelas ini tidak hadir tiba-tiba, melainkan melalui proses bertahun-tahun. Pada awal abad ke-20, pantai ini menjadi daerah pembuangan sampah oleh penduduk sekitar sana. Berbagai sampah sempat dilempar ke sini, mulai dari botol, peralatan rumah tangga, sampai mobil!

Oleh karena itulah pantai ini tersebut disebut "The Dumps" oleh penduduk sekitar. Kadang-kadang, ada pula pembakaran di pantai tersebut untuk mengurangi sampah yang menggunung. Pada tahun 1967, pemerintah menutup daerah tersebut untuk menertibkan sampah. Mulai saat itu, pantai tersebut dibersihkan dan diperbaiki.

Ternyata, ombak berhasil mengubah sampah botol dan gelas di sana menjadi sesuatu yang indah. Setelah bertahun-tahun, sampah kaca di sana berubah jadi bebatuan. Bebatuan kaca ini sudah tidak lagi tajam, melainkan sudah pipih dan lembut. Tidak hanya bentuknya, bebatuan ini pun menarik karena warnanya yang beraneka ragam.

Fenomena alam ini membuat Glass Beach menjadi tujuan pariwisata. Banyak orang datang ke sini karena penasaran dengan pasir kacanya, banyak juga yang ingin membawa pulang pasir unik itu sebagai oleh-oleh. Dulu, para pengunjung masih bisa mengambil bebatuan kaca ini dengan bebas. Namun setelah pantai seluas 150.000 meter persegi ini diambil alih oleh Taman Nasional MacKerricher, bebatuan kaca ini pun turut terlindungi.

Pengunjung bisa datang dan menikmati pantai ini sepuasnya, namun tidak boleh mengambil bebatuan kaca yang ada di sini. Meski begitu, masih ada pengunjung yang diam-diam mengantongi sebuah atau beberapa buah batu kaca untuk dibawa pulang.

Jika datang ke sini, pengunjung sebaiknya menggunakan sendal dengan sol yang tebal. Hal ini untuk menghindari kemungkinan batu kaca yang ada di sini pecah dan bisa melukai kaki pengunjung.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kebun Binatang Mini ala Ancol

Senin, 23 Okt 2017 09:30 WIB

Selain wahana permainan, Ancol juga punya wisata edukasi tentang binatang. Berada di Faunaland, kamu bisa belajar tentang hewan-hewan langka dunia.