Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Mei 2013 18:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Oleh-oleh Kue Basah Surabaya, di Sini Pusatnya

Ari Es
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Sepasang suami-istri sedang bersama-sama membuat jaajanan pasar di kamar kostnya..
Sepasang suami-istri sedang bersama-sama membuat jaajanan pasar di kamar kostnya..
detikTravel Community - Makanan jadi salah satu daya tarik di sebuah destinasi wisata. Bagi para pecinta kue basah, Surabaya punya pusatnya yang akan membuat Anda lupa diri. Yuk intip seperti apa sih sentra kue basah di sana?

Surabaya memang terkenal dengan wisata kuliner yang sangat lezat. Salah satunya kue basah, makanan tersebut cocok menjadi santapan ringan untuk solusi menahan rasa lapar bagi traveler. Sentra pembuatan kue basah tersebut terletak di Jl Rungkut Lor Gang II, Surabaya, Jawa Timur.

Teringat saat harus melakukan perjalanan di kampung ini beberapa waktu lalu. Saya harus bangun sebelum pukul 04.00 WIB, karena jika melewati jam tersebut saya tidak akan bisa mendapatkan gambaran yang saya inginkan. Momen itu adalah saat masyarakat di sini melakukan proses produksi pembuatan aneka makanan kue dan jajanan pasar lainya.

Benar saja, seperti yang dikatakan oleh Ibu Irul, salah satu orang yang mengkoordinir ibu-ibu di sini. Ketika saya datang sekitar pukul 02.30 WIB, mereka sedang sibuk membuat berbagai makanan jenis kue. Di daerah ini, proses pembuatan berbagai kue-kue tidak dilakukan dalam satu tempat melainkan dilakukan di ruangan kamar kos.

Ibu-ibu tersebut merupakan pendatang yang rata-rata datang dari luar Kota Surabaya. Kemudian memanfaatkan kamar kos mereka sebagai pusat pembuatan kue. Ukuran kamar kostmereka tidak lebih dari 3x3 meter. Lokasinya benar-benar sangat sempit, tetapi inilah cara mereka untuk bisa mendapatkan rezeki untuk biaya hidup.

Kelompok ini terbentuk sejak tahun 1990-an. Setelah terjadi krisis di tahun 1997, jumlah orang yang ikut membuat kue bertambah banyak mencapai 41 orang.

Setelah proses produksi selesai, sekitar pukul 04.30 WIB, di kawasan tersebut sudah banyak pengepul jajanan yang mengantre. Mereka mengantre untuk mendapatkan kue-kue yang lezat. Selanjutnya, orang-orang tersebut membawanya ke pasar-pasar di dalam Kota Surabaya dan sekitarnya.

Banyak sekali jenis kue 'Jawa Timuran' yang dijual di sana. Misalnya saja kue tok, putu ayu, lemper, gorengan, koci-koci, pastel, kue talam, ketan bubuk, klepon, onde-onde, dan lainnya.

Pendapatan ibu-ibu di sini sangat beragam. Bagi mereka yang sudah memiliki banyak pelanggan, dalam satu hari mereka bisa mengantongi laba bersih sekitar Rp 200.000. Tetapi, bagi mereka  yang masih memiliki sedikit pelanggan, setiap hari bisa menghasilkan laba sekitar Rp 50.000. Jika sedang beruntung banyak pesanan, mereka bisa jauh lebih untung lagi karena tidak melalui pengepul.

Banyak pelajaran yang bisa saya dapat dengan melihat langsung kerja keras mereka. Saat warga sekitar sedang asyik terlelap dalam tidur, ibu-ibu pembuat kue di sana sudah bermandikan keringat untuk menghidupi keluarga.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!

Foto: Toilet Umum Terindah di Dunia

Jumat, 20 Apr 2018 21:55 WIB

Toilet umum pasti lekat dengan suasana yang kurang higienis. Rasanya cuma di Norwegia, ada toilet pinggir jalan yang tak cuma bersih tapi terlalu cantik!