Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Apr 2012 09:03 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Berakhir Pekan di Desa Jelekong, Ubud-nya Jawa Barat

Faela Shafa
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pengrajin wajang golek (travel.indoprofile.com)
Pengrajin wajang golek (travel.indoprofile.com)
detikTravel Community -

Di Bandung, ada desa wisata yang bisa dijadikan tujuan liburan akhir pekan. Desa ini terkenal sebagai kampungnya pelukis, pedalang wayang golek dan pesona alamnya yang hijau. Yuk tengok Desa Jelekong!

Diintip dari situs resmi pariwisata Indonesia, indonesia.travel, Jumat (13/4/2012), Desa Jelekong terletak di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Desa wisata ini memang sudah dikenal menjadi gudangnya seniman asal Jawa Barat.


Karena banyaknya seniman yang bermukim dan berkarya di sini, Desa Jelekong bisa diandaikan seperti Ubud-nya Jawa Barat. Selain seniman wayang golek dan seni lukis, di sini juga terdapat seniman sisingaan, jaipong dan pencak silat.

Kampung Giriharja, Jelekong, merupakan 'sekolah' bagi dalang-dalang profesional. Salah seorang dalang terkenal hasil tempaan sini adalah dalangnya Cepot, Asep Sunandar Sunarya. Jika Anda ingin menonton para dalang beraksi, bisa datang ke kampung ini.

Meski banyak ragam seniman di sini, yang paling terkenal dari desa wisata ini adalah seni lukisnya. Setibanya di jalan utama Jelekong, Anda akan disambut oleh ratusan kanvas yang sedang dijemur. Kanvas tersebut tentu sudah dipoles dengan warna-warni cantik sehingga menjadi sebuah lukisan memesona.

Ada sekitar 20 galeri lukis di sepanjang jalan ini. Ragam warna dan bau cat basah yang menguar kuat menjadi surga tersendiri bagi para pecinta seni lukis. Di sini, ada lebih dari 600 pelukis yang memamerkan hasil seni mereka. Jadi jika Anda ingin mencari lukisan, di sini tempatnya.

Kebanyakan lukisan yang ada di sini adalah panorama pedesaan, pacuan kuda, buah-buahan, kereta kencana, ikan koi atau adu ayam. Lukisan-lukisan ini sudah tersohor hingga Bali, Malaysia hingga Arab Saudi. Bahkan, beberapa galeri di Bandung pun dipenuhi oleh lukisan hasil seniman asal Jelekong dan memiliki harga jual yang tinggi.

Satu lukisan pemandangan di kanvas berukuran 135 cm x 40 cm dibandrol dengan harga sekitar Rp 150.000. Namun ada juga beberapa lukisan yang dihargai mencapai puluhan juta rupiah dan bisa terjual dengan mudah. Harga bergantung dari besar lukisan, cat yang digunakan hingga detil lukisan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED