Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Jun 2012 08:01 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pembukaan Tour de Singkarak 2012, Saatnya Sumbar Berpesta

Afif Farhan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pembukaan dengan pemukulan gendang oleh Sapta Nirwandar, Irwan Prayitno dan pejabat daerah lainnya (Afif/detikTravel)
Pembukaan dengan pemukulan gendang oleh Sapta Nirwandar, Irwan Prayitno dan pejabat daerah lainnya (Afif/detikTravel)
detikTravel Community - Tour de Singkarak resmi dibuka pada hari Minggu (3/6/2012) di Sawahlunto, Sumbar. Perhelatan balap sepeda ini memadukan antara olahraga dan wisata. Waktunya Sumatera Barat untuk berpesta dan memamerkan keindahan alamnya.

Tour de Singkarak merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan di Sumatera Barat. Kali ini, dengan 14 kota dan kabupaten, para peserta akan menaklukan rintangan yang sulit. Tak hanya itu, pebalap dan turis yang berdatangan pun akan terpesona oleh indahnya Sumatera Barat.

Perhelatan akbar ini telah dibuka secara resmi di Lapangan Segitiga, Sawahlunto, Sumbar, pada hari Minggu (3/6/2012). Acara tersebut dihadiri oleh Sapta Nirwandar, Wamen Parekraf, Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat, Amran Nur, Walikota Sawahlunto, serta beberapa pejabat daerah Sumatera Barat.

Acara tersebut berlangsung dari pukul 20.30-22.00 WIB. Dalam sekejap, masyarakat Sawahlunto ikut berpesta di dalamnya. Ada tarian daerah yaitu Tari Tenun hingga pesta kembang api. Pembukaan pun ditandai dengan pemukulan gendang oleh Sapta Nirwandar, Irwan Prayitno, dan pejabat daerah Sumatera Barat lainnya.

"Melalui ajang ini, kita bisa mengenalkan destinasi kita, khususnya Sumatera Barat pada dunia," kata Sapta Nirwandar, Wamen Parekraf dalam sambutannya.

Menurut Sapta, Tour de Singkarak merupakan perpaduan wisata dan olahraga. Selain balapan, para peserta lomba, official tim, dan wisatawan yang datang dapat menikmati destinasi dan objek wisata yang cantik di Sumatera Barat.

Di setiap etape, terdapat banyak destinasi yang unik dan menarik. Di Sawahlunto, sebagai tempat start, terdapat banyak kolonial peninggalan Belanda dan museum kereta api. Beberapa tempat lainnya juga menakjubkan, ada jam gadang dan perbukitan yang cantik di Bukittinggi, Danau Singkarak di wilayah Singkarak yang menggoda, pantai-pantai di daerah pesisirnya, dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan, banyak atraksi-atraksi, seperti tari-tarian daerah, yang digelar untuk memanjakan para wisatawan. Perhelatan tahunan ini pun menjadi ajang berpesta bagi masyarakat Sumatera Barat. Mereka dapat mengenalkan budayanya yang khas dan alamnya yang menggoda kepada siapa pun yang datang pada perlombaan Tour de Singkarak.

"Oleh media internasional, Euro Sport, Sumatera Barat dijuluki sebagai Green Swiss atau Swiss yang hijau. Tentu ini akan menambah jumlah wisatawan yang datang ke Sumatera Barat," lanjut Sapta.

Tour de Singakark kali ini akan digelar mulai dari tanggal 4-10 Juni 2012. Ajang balap sepeda yang menjadi masyarakat Sumatera Barat, serta kebanggan bagi Indonesia. Ayo kunjungi Sumatera Barat dan temui keindahannya!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED