Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Jun 2012 13:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Harta Majapahit Itu Tersimpan di Tepi Sungai Kapuas

Fitraya Ramadhanny
d'travelers
Foto 1 dari 5
Istana Kesultanan Sintang (Ari/detikFoto)
Istana Kesultanan Sintang (Ari/detikFoto)
detikTravel Community -

Kesultanan Sintang, di Kalimantan Barat kalah populer di mata wisatawan, kalau dibandingkan dengan kerajaan lain seperti Kesultanan Yogyakarta atau Solo Tapi siapa nyana, mereka masih menyimpan pusaka penting dari Majapahit.

Kesultanan yang istananya masih utuh menghadap Sungai Kapuas itu masih menyimpan berbagai bukti otentik Kerajaan Majapahit. Salah satu harta penting itu adalah gamelan bernama Gending Logender.

Menurut Sultan Sintang, Kesuma Negara V Sri Negara Ikhsan Perdana, seperangkat gending itu masih asli dari zaman Majapahit. Saat itu, Patih Logender (beberapa catatan lain menulis Lohgender) jatuh cinta kepada putri Kerajaan Sintang, Dara Juanti.

"Gamelan itu masih asli seperti dulu. Sebagai mas kawin Patih Logender Majapahit untuk Dara Juanti," kata Sultan Sintang kepada detikcom, Rabu (6/6/2012) pekan lalu.

Saat ditunjukan, gending itu sudah keropos di sejumlah bagian. Kayu jati penopang gong juga mulai dimakan rayap. Hanya cat kuning dominan yang membuat koleksi itu masih terlihat terpelihara.

"Sejak 65 tahun lalu, sejak ada pemerintah daerah, kami kurang diperhatikan. Tidak ada hak istimewa lagi sebagai bagian dari sejarah. Hingga untuk merawat benda bersejarah ini kamu kesulitan," curhat Sultan.

Nah, jika traveler berkesempatan pergi ke Sintang, Kesultanan Sintang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Resapi dan hargailah sejarahnya, agar tidak dilupakan zaman.

Ari Saputra - detikFoto

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Pesona Asia

Pagi Bromo!

Selasa, 20 Nov 2018 08:30 WIB

Inilah saat pagi menyapa kawasan TNBTS. Kumpulkanlah memori saat melakukan perjalanan ke sana ya.