Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Apr 2012 12:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Icip-icip Kuliner Bali di 4 Restoran Mahal Ini

Ayu Laras
d'travelers
Foto 1 dari 5
Potato Head
Potato Head
detikTravel Community -

 

Tempat makan dengan panorama cantik menghiasi setiap sudut Pulau Bali. Tak jarang wisatawan rela merogoh kantong bukan hanya sekadar makan tapi juga membayar panorama alam di empat restoran mahal in

Sepanjang hari, musik dan keramaian selalu menyelimuti Pulau Dewata. Bar, restoran, dan kafe pun tersebar di seluruh pelosok daerahnya. 

Saat berlibur ke Bali, saya mendapat kesempatan untuk icip-icip di beberapa restoran, seperti Potato Head, Ayana Rock Bar, Klapa Resort, dan lain-lain. Biaya yang harus dikeluarkan untuk icip-icip ini pun bisa bikin mata terbelalak. Walaupun bikin kantong cekak, icip-icip sedap di 4 tempat makan ini bisa bikin happy!

1. Potato Head, Seminyak

Saya sengaja memilih ke tempat ini sebelum sunset. Pukul 17.00 WITA saya masih mencari-cari letak resto yang berada di Seminyak, tepatnya Jl Petitanget, Bali. Akhirnya, saya pun sampai di Potato Head pukul 17.30 WITA.

Ternyata ada dua resto di tempat ini yaitu Potato Head dan Lilin. Jendela-jendela tua yang usang pun menghiasi bangunan bundar ini. Saat memasuki resto tersebut, keramaian langsung menyambut kedatangan saya. Terlebih lagi saat itu adalah malam Minggu.

Tapi, suasana di Potato Head memang juara! Fine dining yang santai dan musik trance masa kini, membuat suasana sore itu lebih santai dan tenang. Pelancong juga masih bisa merasakan suasana romantis di pinggir pantai.

Banyak bule berenang di kolam renang Potato Head atau duduk-duduk sambil menikmati panorama matahari tenggelam dengan bir di tangan. Di sudut lain, terlihat pasangan bule, asyik berdansa santai hingga sunset berakhir.

Potato Head memiliki tiga bagian resto yang bisa digunakan oleh pelancong. Pertama, tempat makan di sebelah kanan pintu masuk dengan suasana layaknya restoran biasa. Kedua adalah sofa panjang dengan pemandangan pantai dan taman. Ketiga, sofa-sofa yang berada paling depan (paling dekat dengan pemandangan pantai) sejajar dengan kolam renang.

Untuk sofa paling depan dengan pemandangan paling ciamik itu, wisatawan akan dikenakan minimum pembelian. Setidaknya budget sekitar Rp 500.000 harus Anda miliki untuk bisa menikmati tempat ini.

Saat itu, saya mendapat bagian di tempat kedua. Sofa panjang dengan pemandangan pantai dan taman telah menanti. Kebanyakan wisatawan yang duduk di bagian kedua ini hanya memesan snack dan minuman. Saya pun memutuskan pesan minuman dan french fries.

Oya, bagi Anda yang niat ke Potato Head tapi deg-degan soal harga, tidak perlu khawatir. Sedikit informasi, untuk Iced Coffee dibanderol sekitar Rp 50.000, French Fries Rp 60.000, aneka mocktail sekitar Rp 110 ribu, dan semuanya ditambah pajak sekitar 20%.

2. Rock Bar, Jimbaran

Berbeda dengan Potato Head, Rock Bar adalah bagian dari Ayana Resort & Spa yang berada di pesisir Pantai Krisik, Jimbaran. Anda harus menempuh perjalanan ke pelosok Jimbaran untuk mencapai Ayana Resort ini.

Untuk mencapai Ayana Resort Anda bisa mengambil jalan menuju arah Jimbaran dengan waktu perjalanan sekitar 30–45 menit dari Kuta. Walaupun,milik Ayana Resort, Ayana Rock Bar bisa dinikmati oleh siapa saja, tidak hanya bagi wisatawan yang menginap di sana.

Untuk mencapai Ayana Rock Bar yang berada di sisi tebing, Ayana Resort menyediakan Inclinator. Rock Bar baru dibuka pukul 16.00 WITA dan tutup pukul 01.00 WITA. Saat saya tiba di sana pelancong sudah ramai antre dengan tertib di pintu masuk depan inclinator. Sambil mengantri, sesekali saya motret sunset yang mulai menyapa. Jadi nggak sabar merasakan dinner cantik di bawah!

Ada dua jalur antre, yaitu jalur umum dan jalur khusus tamu yang menginap. Jadi, tamu yang menginap akan didahulukan. Tapi jangan khawatir, perbandingan yang menginap di Ayana dengan wisatawan yang tidak menginap, tentu lebih banyak yang tidak menginap. Jadi tetap sabar dan nikmati saja suasana yang ada. Lagi pula, pemandangan dari atas tempat mengantre inclinator juga tak kalah ciamik.

Walau tidak ada harga tiket masuk, wisatawan yang masuk ke dalam Ayana Rock Bar wajib memesan makanan dan minuman. Duduk-duduk manis, menikmati sunset yang lama-lama menghilang pun berganti malam.

Suasana Rock Bar memang lebih formal dan sunyi dibandingkan Potato Head. Mungkin karena terbatasnya tempat duduk di sana. Tempat makan untuk wisatawan yang menginap di Ayana dan tidak pun juga dibedakan. Tetapi, tidak ada perbedaan yang mencolok.

Semua tempat di Rock Bar mempunyai pemandangan yang bagus dan romantis. Tahukah Anda, jauh-jauh ke Rock Bar, saya hanya memesan pisang goreng. Eits, jangan salah, pisang goreng ala Rock Bar ini dibanderol Rp 50.000 per piring, isinya hanya enam potong! Untuk minuman, saya memilih minuman non alkohol dan non jus yang rata-rata harganya sekitar Rp 100.000. Kenapa non juice? Karena harga juice di sini sekitar Rp 135.000.

3. Klapa Resort, Pecatu

Karena penerbangan pulang ke Jakarta berubah menjadi pukul 00.05 WITA, saya memilih menghabiskan sunset dan malam di hari ketiga dengan berenang santai di Klapa Resort. Klapa Resort terletak di Pecatu Indah Resort, Dreamland. Lain halnya dengan Rock Bar dan Potato Head, Klapa Resto tampaknya sudah lebih senior.

Untuk bisa berenang di Klapa, wisatawan harus membayar Rp 100.000 per orang. Akan tetapi, wisatawan juga akan diberikan voucher senilai Rp 100.000, dan bisa ditukar dengan minuman dan makanan yang ada di Klapa. Unik, kan pembayarannya.

Sebelum bersantai, saya sempat turun ke Pantai Dreamland. Dreamland berada tepat di bawah Klapa Resort. Tidak banyak waktu yang saya habiskan di tempat ini, karena memang ingin menikmati sunset di kolam renang Klapa Resort. Sejepret-dua jepret cukuplah, saya pun bergegas naik ke atas lagi.

Walaupun sore itu hari Minggu, suasana Klapa Resort tidak terlalu ramai. Kolam renangnya pun sepi sehingga saya bisa duduk-duduk santai di kursi malas sambil menikmati sunset yang terasa begitu dekat.

4. Bubba Gump Shrimp, Kuta

Wisata kuliner di Bali selanjutnya adalah Bubba Gump Shrimp yang terletak di Jl. Kartika Plaza, Kuta. Resto franchise Amerika ini menyajikan masakan serba udang dengan mengambil konsep dekorasi resto bergaya Amerika dari film Forrest Gump.

Di setiap meja Bubba Gump, ada sebuah ember berisi saos sambal, saos tomat dan tisu. Sewaktu saya datang, pelayan bertanya, apakah saya sudah pernah makan di sini sebelumnya. Setelah saya jawab belum, pelayan menjelaskan cara memesan.

Unik juga, jadi di meja ada seperti 2 label (plat) berwarna biru dan merah. Plat biru bertuliskan "Run Forrest Run" yang berguna untuk memanggil pelayan (untuk order sesuatu atau meminta bantuan lain), sedangkan plat merah bertuliskan "Stop Forrest Stop" untuk mengembalikan ke keadaan tidak membutuhkan bantuan pelayan. Jadi, kalau mau order, tampilkan yang biru dan sesudahnya balikkan kembali ke plat merah.

Saat makan di sana, ada beberapa pengunjung yang sedang berulang tahun. Lucunya, semua pelayan di tempat makan ini memberikan ucapan selamat dengan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun lengkap dengan bunyi kentongan, pukul-pukul ember kaleng, tepuk tangan, dan tidak ketinggalan kue ulang tahun mini dengan lilinnya. Seru!

Karena saya pecinta udang, setelah melihat menu di sini rasanya ingin memilih semuanya. Namun, bingung mau pesan dan pilih yang mana karena harus melihat harganya juga. Akhirnya saya memutuskan memesan Platters saja yang bisa disantap ramai-ramai. Platters yang saya pesan berisi empat jenis makanan, satay bake shrimp, chilli shrimp, ball shrimp, dan sejenis tempura.

Semua makanan ini disajikan dalam wadah berbentuk kerucut. Awalnya saya mengira satu kerucut itu isinya penuh udang, ternyata satu kerucut hanya berisi enam udang dan bagian bawahnya berisi sayuran.

Bila Anda menghabiskan liburan di Bali jangan lupa untuk memberanikan diri icip-icip lezat di restoran ini. Meskipun, uang yang Anda keluarkan cukup menguras dompet dijamin tetap tidak akan rugi. Selain rasa, suasana yang ditawarkan keempat restoran ini pun tidak mengecewakan.

 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED