Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Jul 2012 14:13 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jatuh Cinta dengan Tiga Warna Cantik Danau Kelimutu

Afif Farhan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Danau Tawu Ata Polo, satu dari tiga Danau kelimutu yang cantik (Putri/ detikTravel)
Danau Tawu Ata Polo, satu dari tiga Danau kelimutu yang cantik (Putri/ detikTravel)
detikTravel Community - Hitam, biru tua, dan biru, adalah tiga warna dari Danau Kelimutu di Flores, NTT. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik bagi para traveler. Tiga warna cantik yang akan membuat Anda jatuh cinta. Alamnya pun sempurna!

Tidak hanya oleh traveler dalam negeri saja, Danau Kelimutu menjadi destinasi favorit bagi turis mancanegara. Terletak di Kecamatan Kelimutu, Ende, NTT, Gunung Kelimutu menawarkan pesona danau tiga warna nan menawan. Tiga warna tersebut pun memiliki arti yang berbeda.

Dari situs resmi pariwisata Indonesia yang dikunjungi detikTravel, Senin (2/7/2012), nama ketiga danau tersebut adalah Danau Tiwu Ata Mbupu yang merupakan tempat arwah para orangtua, Danau Tiwu Ata Polo yang ditempati oleh arwah para orang jahat dan Danau Tiwu Nuamuri Koofai tempat berkumpulnya arwah anak-anak muda. Ketiga danau ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya para arwah dan disakralkan oleh masyarakat setempat.

Di sisi lain, Danau Kelimutu menebarkan pesona kecantikan alam yang sungguh menawan. Akan tetapi, dibutuhkan perjuangan keras untuk dapat menikmati keindahannya. Siapkan fisik Anda untuk berjalan sepanjang 3 kilometer dan melewati 236 anak tangga untuk mencapai Puncak Kelimutu. Sepanjang perjalanan, ada banyak satwa dan hutan pinus yang akan Anda lalui.

Setelah menguras fisik, keindahan Danau Kelimutu membuat Anda lupa akan segalanya. Tiga warna cantik yang berbeda seolah menjadi pelepas dahaga. Dengan awan di atasnya dan langit yang biru, pemandangan tiga danau yang berwarna merah, putih, dan biru, menjadi pemandangan yang sempurna.

Siapkan kamera Anda dan potretlah setiap detil danaunya. Bila beruntung, Anda dapat melihat warna-warna yang berubah warna, seperti warna merah menjadi hijau dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh faktor kandungan mineral, lumut dan batu-batuan di dalam kawah dan juga pengaruh cahaya Matahari. Bagi traveler, hal ini layak disebut salah satu pemandangan terbaik di dunia.

Meski dikenal sebagai tempat persemayaman arwah-arwah, kecantikan Danau Kelimutu tidak akan terbantahkan. Apalagi jika Anda berkunjung pada matahari menjelang atau sunrise. Ada, cahaya keemasan yang berpadu dengan tiga danau yang tenang dan memesona.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED