Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 27 Jul 2012 17:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kisah Tragis Tamansari Gua Sunyaragi yang Dilupakan Zaman

fery fazrin
d'travelers
Foto 1 dari 4
Panorama Tamansari Gua Sunyaragi
Panorama Tamansari Gua Sunyaragi
detikTravel Community -

Tidak terawat, kata itu pantas diberikan untuk Tamansari Gua Sunyaragi di Kota Cirebon. Arsitektur unik berbentuk gua yang disusun menyerupai gunung menjadi keunikannya. Namun sayang, Sunyaragi kini telah dilupakan.

Gua Sunyaragi merupakan peninggalan dari Keraton Cirebon. Meskipun begitu, lekukan arsitekturnya tak kalah dengan kreasi masa kini.

Tamansari Sunyaragi atau yang dikenal dengan Gua Sunyaragi akan membawa siapapun yang melihatnya merasa berada di dunia dongeng. Menariknya, bangunan gua ini terlihat seperti tumpukan karang yang menumpuk dan membentuk bangunan-bangunan mirip candi.

Sekilas, lokasi ini memiliki kesan angker dan mistis. Menurut warga setempat Gua Sunyaragi bisa menghubungkan manusia ke dunia gaib. Wow!

Tapi sangat disayangkan, potret kekaguman atas destinasi yang berada di Sunyaragi, Cirebon, Jawa Barat itu harus luntur. Ya, kini tak ada lagi bangunan unik yang mengagumkan. Sekarang hanya ada sisa bangunan yang tak lagi utuh dan terlihat hancur, lantaran tak ada perawatan yang serius.

Saat tiba di hadapan situs seluas 1,5 hektar ini, bukan rasa kagum yang timbul justru miris di dada. Destinasi budaya ini tak lagi gagah seperti dahulu. Malah, di beberapa bagian bangunan ada yang harus menggunakan penyangga supaya tidak runtuh.

Sungguh tragis, Sunyaragi yang anggun harus runtuh dan dilupakan oleh zaman!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED