Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Agu 2012 12:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Pasir Putih, Wisata Murah Meriah nan Cantik dari Situbondo

Foto 1 dari 4
Perahu dengan layarnya yang berwarna-warni menjadi latar belakang yang cantik saat berfoto
Perahu dengan layarnya yang berwarna-warni menjadi latar belakang yang cantik saat berfoto
detikTravel Community -

Pantai menjadi yang paling banyak dicari wisatawan saat liburan. Di Situbondo, Jawa Timur ada pantai cantik yang menjadi primadona wisata keluarga. Pantai Pasir Putih Situbondo, meski murah panorama yang ditawarkan tetap memesona.

Pantai Pasir Putih ini berada di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Lebih tepatnya lagi terletak di pinggir jalan utama Surabaya menuju Banyuwangi. Membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 2,5 jam untuk sampai di lokasi, bila Anda sudah sampai di Jember.

Bila ingin menambah keseruan dan tantangan dalam perjalanan, dari Jember Anda bisa lewat Bondowoso ke arah Surabaya lalu melewati Arak-arak. Jalan yang melewati Arak-arak cukup ekstrim karena pengemudi harus menaklukan setiap kelokan dengan kondisi jalan yang tidak lebar. Namun, di samping itu semua pemandangan cantik tersuguh cantik menyaksikan perjalanan yang cukup membuat perut terkoyak-koyak.

Di sela-sela perjalanan, saya bersama keluarga menyempatkan diri untuk singgah dan beristirahat di Waringin Arak-arak. Dari sini kami dapat melihat pemandangan Situbondo dari atas gunung.

Wiringan Arak-arak juga dilengkapi dengan berbagai macam permainan untuk anak-anak, tempat duduk, kamar mandi, dan ramai penjual karena masih suasana liburan Lebaran. Dagangan yang ditawarkan pun bermacam-macam, dari minuman, snack, kacang, semangka, hingga celurit yang menjadi senjata daerah khas Jawa Timur pun ada di sini.

Jangan terlena di Waringin Arak-arak, butuh waktu sekitar 30 menit lagi untuk sampai di Pantai Pasir Putih. Tanpa menunggu waktu lama, kami langsung melanjutkan perjalanan. 

Sekitar 30 menit sudah kami tempuh, tidak hanya bau khas pantai yang tercium di hidung, garis laut pun sudah terlihat dari kejauhan di jalan. Murah meriah untuk menikmati setiap detil keindahan Pantai Pasir Putih. 

Untuk masuk ke destinasi wisata ini, traveler akan dikenai biaya sebesar Rp 10.000. Jika sudah membayar karcis, maka Anda bebas berenang, bisa menyewa pelampung dengan harga Rp 5.000, menyewa kano dengan harga Rp 20.000 atau naik perahu layar Rp 50.000 perkapal.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini terdapat kamar mandi, mushola, tempat parkir, toko oleh-oleh, warung makanan, juga panggung musik dangdut lengkap dengan door pice jika hari libur besar. Wah!

Karena ramai pengunjung, di sana juga terdapat penginapan berupa hotel, losmen dan motel. Ingin menyatu dengan alam, pelancong bisa mendirikan tenda. Jangan heran, pihak pengelola sudah menyediakan tempat khusu untuk mendirikan tenda.

Deburan ombak yang cukup tenang membuat pelancong merasa lebih aman untuk berenang. Selain itu, pasirnya yang putih dan menawan, terlihat semakin cantik dengan background gunung dan perahu layar.

Lebih asik jika Anda bermain di sekitar hutan mangrove mini yang berada di sekitar pantai. Sungguh nyaman dan tenang berada di sini. Anda bisa menyusuri sepanjang garis pantai. Merasakan setiap butiran halus pasir yang basah dan melihat detil keindahan yang menghiasi Pantai Pasir Putih.

Puas bercengkrama dengan pantai, jangan sampai lupa untuk mengabadikan keindahan pantai dengan jepretan setiap kamera. Ternyata benar, tidak perlu mahal untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan.

Saat menempuh jalur pulang, sebaiknya Anda tidak memilih jalan menuju Waringin. Terlebih kalau Anda mabuk perjalanan karena bisa-bisa sepanjang perjalanan Anda merasa mual. Untuk mengantisipasi ini, lebih baik jalan yang melewati Jalur Pantura ke arah Banyuwangi bisa jadi alternatif yang pas.

Selama perjalanan pulang, lagi-lagi alam memberikanku kejutan. Di sekitar Situbondo dan Bondowoso pelancong akan disuguhi pemandangan berupa hutan yang tandus. Namun, pesona hutan itu tetap ada dan menjadi pengantar pulang yang indah. 

Begitulah kesederhanaan yang terlihat indah dari Situbondo. Masih banyak keindahan yang bisa Anda lihat di daerah ini. Melalui Pantai Pasir Putih, aroma dan pemandangan hutan mangrove yang menyejukan mata, sampai hutan tandus di pinggir jalan yang tetap terlihat indah, menjadi tontonan selama perjalanan ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA