Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Nov 2012 10:16 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mencicipi Buahnya Para Dewa di Dieng

sellaajani
d'travelers
Foto 1 dari 3
Inilah rupa carica, pepaya mini khas dieng
Inilah rupa carica, pepaya mini khas dieng
detikTravel Community - Wonosobo di Jawa Tengah tak hanya menyuguhkan keindahan dataran tinggi dan Candi Dieng saja. Ada carica, buah khas setempat yang hanya tumbuh di Wonosobo. Konon, inilah buahnya para dewa.

Kabupaten Wonosobo terkenal dengan panorama indah dataran tinggi Dieng. Tapi selain itu, wisatawan juga bisa wisata kuliner dengan mencicipi buah khas setempat yakni carica. Ya, pepaya gunung atau karika (sering ditulis carica alias Vasconcellea cundinamarcensis, syn. Carica pubescens) adalah buah kerabat pepaya. Tumbuhnya di daerah tinggi beriklim basah, sekitar 1.500-3.000 mdpl.

Usut punya usut, rupanya buah ini berasal dari dataran tinggi Andes di Amerika Selatan. Buah ini masuk ke Indonesia dibawa oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Buah tersebut pun berhasil dibudidayakan di dataran tinggi Dieng.

Buah ini masuk dalam famili Caricaceae, genus Vasconcella. Bentuk buahnya seperti kokoa (cokelat), namun warna dan teksturnya sangat mirip pepaya. Perbedaan mendasarnya adalah dari ukuran. Carica berukuran kecil, kira-kira sekepalan tangan. Daging buahnya harum dan berwarna kuning pucat.

Tinggi pohon carica mencapai 10 meter dengan sedikit cabang. Buahnya berbentuk peluru dengan panjang 6-15 cm dan diameter 6-15 cm. Buah ini punya 5 sudut memanjang dari pangkal ke ujungnya. Eits, hati-hati kalau getahnya kena kulit, karena akan menimbulkan gatal.

Kalau dimakan langsung, rasanya cenderung asam. Oleh karena itulah carica paling enak dibuat manisan. Ini merupakan komoditas khas dataran tinggi Dieng dan Wonosobo, biasa dijual dalam botol selai ukuran 230 dan 250 gram. Saat sudah jadi manisan, rasanya manis dan teksturnya seperti paduan buah pepaya dan nangka. Nyummy!

Tak hanya itu, saus atau air manisan dari biji carica pun tak kalah istimewa. Selain manis, aromanya juga harum dan menggugah selera. Harganya cukup terjangkau, hanya belasan ribu rupiah per botolnya. Traveling ke Wonosobo, Anda bisa langsung menikmati segarnya manisan buah carica atau membawanya sebagai oleh-oleh. Sudah tak sabar untuk menikmatinya?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED