Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Feb 2013 09:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ssst, Ada Tempat Wisata Hutan Bakau di Surabaya

sellaajani
d'travelers
Foto 1 dari 5
menyusuri indahnya hutan bakau
menyusuri indahnya hutan bakau
detikTravel Community - Surabaya identik dengan kota metropolis yang panas dan ramai. Tapi siapa sangka, di pantai sebelah timur Surabaya wisatawan bisa menjelajahi hutan bakau yang masih alami.

Surabaya adalah kota metropolis yang menyimpan tempat wisata alam: kawasan hutan mangrove (bakau) di pantai timurnya. Tepatnya yaitu di Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Waktu itu hari Sabtu, Oktober 2012, saya bersama 9 sahabat menyempatkan berkunjung ke objek wisata ini. Hutan bakau ini rupanya sedang dikembangkan oleh Pemkot setempat. Pengelola ekowisata hutan bakau ini menyediakan paket tur untuk wisatawan.

Fasilitas untuk ekowisata sudah tersedia, seperti perahu berkapasitas 10 dan 40 orang. Mengikuti tur ini, wisatawan dipungut Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Pengunjung pun dibawa berkeliling hutan bakau, menyusuri sungai-sungai yang membelah hutan, menjelajah beberapa tempat di kawasan tersebut.

Perjalanannya memakan waktu sekitar 20-30 menit. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dibuai tenangnya arus sungai yang berwarna hijau tua. Pemandangan eksotis pun semakin membius mata. Ada sekelompok burung putih, ubur-ubur, dan beragam ikan unik di sungai.

Hutan bakau ini memiliki ragam jenis fauna, seperti ratusan spesies burung (beberapa di antaranya dilindungi) dan kera/ monyet. Hutan bakau ini juga jadi tempat singgah para burung yang migrasi, kebanyakan dari Australia yang menuju Eropa. Wah!

Sampai di tujuan, kami terpukau oleh bentangan pasir putih seperti yang ada di Gili Trawangan. Pengunjung bisa menyusuri jalan yang membelah hutan bakau hingga akhirnya tiba di gazebo. Dari sini, wisatawan juga bisa menikmati panorama pantai timur Surabaya di tepi hutan bakau. Semilir angin pun menemani kami, melepas lelah, dan meneduhkan kami dari hawa panas Surabaya yang menyengat.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Liburan Sekolah di Sea World Ancol

Selasa, 25 Jun 2019 06:50 WIB

Di Sea World Ancol, kita bisa liburan sekolah ditemani dengan aneka macam hewan laut. Bahkan kita bisa menyaksikan keseruan pemberian makan di akuarium.