Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Agu 2013 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jatuh Hati pada Kecantikan Pantai Sundak, Gunungkidul

Ani Haryati
d'travelers
Foto 1 dari 3
PANTAI SUNDAK, GUNUNG KIDUL, YOGJAKARTA
PANTAI SUNDAK, GUNUNG KIDUL, YOGJAKARTA
detikTravel Community -

Gunungkidul di DI Yogyakarta dikenal dengan deretan pantainya yang cantik dan masih perawan, seperti Pantai Sundak. Debur ombak dan kecantikan alam di sana membuat setiap wisatawan jatuh hati padanya.

Pantai di selatan Yogyakarta ini merupakan salah satu dari 15 pantai yang ada di kawasan Gunungkidul. Menikmati hamparan pasir putih dan gulungan ombak di Pantai Sundak.

"Yogya Istimewa," itulah kalimat yang sering terdengar dari cerita para traveler yang menyambangi kota ini. Yogya yang dikenal sebagai Kota Pelajar ini tidak hanya kaya akan wisata budaya, tapi juga wisata alam. Mulai dari gunung, bukit, gua hingga pantai di provinsi ini sangat indah. Semuanya, wajib Anda kunjungi saat liburan ke Yogyakarta.

Borobudur dan Malioboro adalah destinasi yang umum dikunjungi traveler saat ke Yogyakarta. Tapi kali ini perjalanan saya adalah menuju bagian selatan dari Provinsi DIY, tepatnya di Gunungkidul.

Wisata pantai yang ada di Gunungkidul cukup banyak. Ada sekitar 15 pantai terhampar di sepanjang sana, dan salah satu pantai yang akan dituju adalah Pantai Sundak.

Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi tersebut, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Yogya. Traveler bisa melalui Wonosari dan menuju Tepus, Gunungkidul.

Jalan yang menanjak dan udara yang cukup sejuk terasa saat memasuki Kota Wonosari. Tidak berbeda dengan itu, ketika menuju daerah tepus mata ini dimanjakan dengan jalanan menanjak dan menurun. Tak ketinggalan bentangan bukit kecil serta ladang milik warga menambah segar pandangan.

Setelah menempuh perjalanan yang hampir memakan waktu 2 jam, akhirnya sampailah kami di Pantai Sundah. Dari tempat parkir, untuk menuju bibir pantai tidaklah jauh yakni hanya berjarak 30-50 meter.

Keindahan pantai ini terlihat dari pasirnya yang putih dan bersih. Tidak berbeda dengan pantai selatan lainnya, Pantai Sundak memiliki karakteristik ombak yang cukup besar. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Beningnya air pantai membuat karang-karang kecil yang bertebaran di sepanjang bibir pantai terlihat jelas. Memang pantai ini tidak sepanjang pantai lain di dekat Sundak, namun pesona alamnya yang indah membuat saya jatuh hati padanya.

Di sisi kanan dan kiri pantai terdapat batu karang yang besar. Batu karang ini memisahkan Sundak dengan pantai yang lain.

Jika menengok ke salah satu sisi pantai, mata Anda akan dihadapkan dengan gua. Di dalam gua tersebut terdapat mata air tawar.

Konon, dahulu terdapat seekor anjing yang sedang kelaparan dan bertengkar dengan landak dalam gua tersebut. Ketika sang pemiliki anjing mencari keberadaan peliharaannya, tiba-tiba anjing ini keluar dari gua dengan menggigit sebagian tubuh landak.

Pemilik anjing pun masuk ke dalan gua dan tak disangka muncul mata air tawar. Pada akhirnya, mata air ini dimanfaatkan warga untuk kehidupan sehari-hari. Berdasarkan cerita tersebut, maka pantai ini diberi nama Sundak. Sundak merupakan kepanjangan dari Su yang berarti anjing dan Dak untuk landak.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa warung makan yang menjual masakan laut. Namun, di sekitar pantai ini tidak terdapat penginapan. Jadi, ketika Anda ingin bermalam, tidak ada salahnya mendirikan tenda dan api unggun.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA