Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Feb 2013 09:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Siapa Sangka, Masih Ada Pantai Cantik dan Sepi di Yogya

Ilham Bachtiar
d'travelers
Foto 2 dari 4
Panorama Pantai Goa Watu Lawang
Panorama Pantai Goa Watu Lawang
detikTravel Community -

Pantai Goa Watu Lawang, Gunungkidul, DI Yogyakarta adalah tempat untuk memanfaatkan akhir pekan sebagai sarana pelepas penat dan kegalauan. Ketenangan yang luar biasa, di sini hanya ada Anda dan alam seperti pantai pribadi.

Gunungkidul adalah salah satu sudut di wilayah DI Yogyakarta yang kaya akan keindahan alam, khususnya pantai. 5 Tahun silam, ketika saya menjamah pantai di wilayah ini, benar-benar menyenangkan. Suasana tenang dan sejuknya udara pantai dapat menyebabkan ketagihan yang luar biasa.

Kemanapun bola mata ini berputar yang tampak hanyalah laut, pasir, dan tebing yang terkonstruksi secara alami dengan indah. Namun sayang sekali, semua telah berubah ketika masyarakat memfungsikan keindahan panorama tersebut sebagai area peredaran uang.

Lahan kosong sekitar pantai yang luas, kini berubah menjadi warung-warung makan dan tempat penyewaan tikar, payung, layang-layang, bahkan jaring untuk menangkap ikan-ikan kecil. Sejak saat itu, saya pikir hilanglah sudah hasrat saya untuk menikmati keindahan pantai di wilayah Gunungkidul.

Seiring berjalannya waktu, kini saya beserta teman-teman kampus mencoba menyusuri pantai yang terbentang sejajar dengan garis khatulistiwa itu. Ya, Gunungkidul di DI Yogyakarta, menjadi perhatian kami karena faktor lokasi yang tidak terlalu jauh untuk ditempuh dari Solo.

Beberapa nama pantai yang cukup terkenal, seperti Pantai Baron, Pantai Siung dan Pantai Indrayanti telah ramai dikunjungi. Saking ramainya, ini membuat saya bingung.

Masih menyusuri pantai itu, akhirnya kami menemukan sebuah pantai yang belum terjamah oleh wisatawan. Nama pantai itu adalah Pantai Goa Watu Lawang, terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Tepatnya, letak pantai bersandingan dengan Pantai Indrayanti. Memang secara kasat mata tidak tampak dari luar karena tertutup tebing-tebing yang tinggi. Namun, kalau jeli Anda akan menemukan pantai ini.

Nah, jika Anda ingin ke Pantai Goa Watu Lawang maka tajamkan pengamatan di sekitar Indrayanti. Anda akan menemukan sebuah jalan setapak yang menuju ke pantai tersebut.

Masuk saja, Anda akan melewati kantor wisata Tepus dan menemukan kandang sapi. Semakin masuk ke dalam, pelancong akan merasakan ketidaknyaman bila menggunakan mobil atau sepeda motor. Hal itu dikarenakan medan jalan yang tidak begitu baik.

Setelah melewati 'jalur naga' tersebut, Anda akan menemukan sebuah gubuk kosong. Gubuk itu nantinya akan digunakan sebagai lahan parkir kendaraan.

Ya, bersiaplah untuk berjalan kaki dari area parkir sampai pantai. Saat itu, mungkin Anda hanya melihat pantai yang kecil. Namun cobalah untuk menaiki tebingnya. Di balik tebing Anda akan menemukan pantai yang diinginkan.

Pantai luas ini hanya dihuni oleh dua orang ibu-ibu yang berjualan. Selebihnya, pantai ini adalah milik wisatawan. Silakan datang dan nikmati panorama keindahannya.

Saya sarankan Anda membuka mata pagi hari disini. Terakhir, saya menginap 4 hari 3 malam. Anehnya dihari Sabtu dan Minggu pantai ini tetap sepi. Semoga saja tetap sepi sampai saat ini dan seterusnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED