Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Feb 2013 15:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Sepi di Gunungkidul, Pantai Sanglen

yasa sidik permana
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
pantai Sanglen
pantai Sanglen
detikTravel Community - Hampir semua pantai di Gunungkidul kini ramai oleh wisatawan, terutama pada hari libur. Pantai-pantai seperti Indrayanti, Baron, Drini, Sundak, Sepanjang, Krakal, dan Kukup sudah tidak asing ditelinga kita.

Namun, ada beberapa pantai yang masih menyimpan ketenangan dan pesona keindahan yang belum dijamah. Salah satunya pantai Sanglen yang terletak di antara Pantai Sepanjang dan pantai Watu Kodok.

Pantai ini tidak memiliki akses jalan untuk kendaraan. Untuk mencapainya, Anda harus memarkir kendaraan di Pantai Watu Kodok. Untuk mencapai Pantai Sanglen ada 2 rute dari Pantai Watu Kodok, yaitu mengelilingi karang-karang besar yang ada d ibibir pantai dan kedua adalah dengan berjaan kaki melewati persawahan dan rimbunnya tanaman liar.

Rute pertama cukup berbahaya, karena ombak yang besar dan karang-karangnya pun tidak beraturan. Oleh karena itu, jika ingin melewati rute ini disarankan tunggu sampai air laut surut pada pagi hari sebelum matahari muncul, atau pada sore hari.

Untuk rute kedua, bisa ditempuh sekitar 15 menit berjalan kaki mengitari bukit yang membelah pPntai Watu Kodok dan Pantai Sanglen. Ada pemandangan indah persawahan dan bukit-bukit di sini.

Ketika kami tiba di lokasi, benar-benar tidak ada orang lain selain kami. Tidak ada warung dan penginapan, atau pun penyewaan payung seperti kebanyakan pantai yang ada di wilayah selatan Gunungkidul.

Ciri dari pantai ini adalah ada sebuah gubug tua di tengah luasnya hamparan pasir putih yang sedikit curam. Biasanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk menyimpan alat pancing, ketika mereka memancing di pantai ini. Dari kejauhan, hanya terlihat beberapa orang warga sekitar pantai sedang memancing.

Ombak di pantai ini terlihat lebih besar dari pantai-pantai lain. Pemandangan yang ditawarkan tidak kalah dari pantai-pantai lain di Gunungkidul. Di sebelah kiri pantai, terdapat batu karang sangat besar mempercantik pantai ini.

Kami berharap Pantai Sanglen tetap terjaga keindahannya dan bisa menjadi pilihan yang menawarkan kesunyian, di tengah ramainya pantai-pantai di Gunungkidul.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.