Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Apr 2013 11:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

24 Jam di Surabaya, Begini Caranya!

sellaajani
d'travelers
Foto 1 dari 5
mangrove.jpg
mangrove.jpg
detikTravel Community - Liburan satu hari penuh di Kota Surabaya, Jawa Timur bukanlah mustahil. Meski juga dikenal macet dan panas, Surabaya juga punya destinasi yang menarik. Mau tahu gimana serunya keliling Surabaya dalam satu hari? Yuk disimak!

Surabaya merupakan Ibukota Jawa Timur dan kota metropolitan kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini mungkin terkenal dengan stigma panas dan macetnya. Siapa bilang? Kota yang dipimpin oleh walikota wanita, Ir Tri Rismaharani ini sudah menggeliat menjadi kota yang cantik.

Tak lagi panas, kota ini sudah dikelilingi oleh taman cantik nan hijau juga bunganya yang berwarna-warni. Sehingga para traveler akan merasakan sejuk dan nyaman selama berada di kota yang memiliki ikon ikan sura dan buaya ini. Jika para traveler mendapat kesempatan berlibur selama sehari, inilah contoh itinerary 24 jam yang bisa Anda lakukan di Surabaya:

07.00-10.00 WIB

Tujuan pertama saat pagi hari adalah hutan mangrove di daerah Bosem, Wonorejo. Pagi hari adalah saat yang tepat untuk melihat ekosistem mangrove di pantai timur Surabaya ini. Di tempat ini kita bisa jalan-jalan menikmati segarnya pagi di atas jogging track kayu yang membelah hutan mangrove.

Susuri jembatannya dan pandanglah ke laut yang bebas dan tenang bahkan hampir tidak ada ombak. Anginnya yang sepoi-sepoi seakan membelai Anda. Pasti Anda akan lupa kalau sedang berada di kota metropolitan yang kaya dengan gedung pencakar langit.

10.00-13.00 WIB

Setelah menikmati hutan mangrove, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menyusuri pinggir timur Kota Surabaya menuju ke Pantai Kenjeran. Di sana ada kuil Buddha di area Pantai Ria Kenjeran (Kenpark). Pantai ini juga terkenal dengan patung Budha empat muka yang menjulang tinggi dengan gajah putih di sekitarnya.

Di seberang kuil tersebut juga ada kuil Dewi Kwan Im yang diapit oleh dua naga raksasa. Itu menandai batas daratan dan lautan. Jangan lupa nikmati pula sajian khas Surabaya berupa lontong kupang dan es kelapa muda yang banyak dijual di area Kenpark.

13.00-16.00 WIB

Untuk melewatkan siang yang panas, pilihan destinasi berikutnya adalah ke Museum House of Sampoerna yang terletak di Jl Taman Sampoerna No 6. Museum ini menyimpan benda-benda bersejarah seputar rokok dan PT Sampoerna. Jika sedang beroperasi, dari lantai dua kita bisa melihat para pekerja yang sedang membuat lintingan salah satu merek rokok yang terkenal.

Ya, tempat ini juga masih produktif sebagai salah satu pabrik rokok. Di sisi bangunan lain juga ada kafe yang cukup nyaman. Di sinilah kita bisa menikmati santap siang. Sebenarnya pihak House of Sampoerna juga menyediakan fasilitas city tour Surabaya. Namun, traveler harus reservasi dahulu.

Lokasi city tour di antaranya Tugu Pahlawan, Hotel Majapahit, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Jangan lewatkan juga menyusuri cantiknya kota tua Surabaya dengan gedung tuanya yang masih terawat. Tak hanya Jakarta yang punya kota tua, Surabaya juga punya.

16.00-19.00 WIB

Ketika sore menjelang, traveler bisa menghabiskan waktu dengan suguhan kehidupan mal yang menjamur di sepanjang Surabaya. Mulai dari Grand City, Tunjungan Plaza, Ciputra World, LEnmarc, Supermall bahkan Surabaya Town Square.

19.00-22.00 WIB

Traveling ke Surabaya jangan sampai ketinggalan akhiri perjalanan Anda dengan mengunjungi jembatan terpanjang di Indonesia, yaitu Jembatan Suramadu. Kerlap-kerlip lampunya saat malam sungguh memesona dan membuat kunjungan Anda di Surabaya menjadi berkesan.

22.00-06.00 WIB

Menikmati malam di Surabaya, traveler bisa memanfaatkan fasilitas hotel di Surabaya. Ada hotel mewah seprti Sheraton, Hilton hingga JW Marriot atau tempat penginapan ala backpacker seperti Graha Ara dan Sparkling Backpacker.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED