Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Mei 2013 12:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Tidung, Bagaikan Oasis di Dekat Jakarta

Riyan Samutra
d'travelers
Foto 2 dari 5
banana boat melintasi jembatan cinta
banana boat melintasi jembatan cinta
detikTravel Community - Tak jauh dari Jakarta, ada Pulau Tidung yang berada di Kepulauan Seribu. Inilah pulau cantik yang terkenal dengan Jembatan Cinta dan pantai berpasir putih. Inilah 'oasis' untuk kesegaran Anda dari semerawutnya Kota Jakarta.

Bosan dengan keadaan Jakarta yang selalu macet dan ingin melepaskan diri dari kepenatan di akhir pekan? Kepulauan seribu adalah jawabannya, Letaknya tidak jauh dari Jakarta, tentu menjadikan ongkos ke sana lebih murah.

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu untuk melakukan tugas kampus, yaitu Pulau Pramuka, Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Harapan dan Pulau Tidung. Dari semua pulau, Pulau Tidunglah yang jadi juaranya!

Pulau yang lain termasuk kategori pulau padat penduduk, jadi pantainya kurang bersih dan kurang sarana yang mendukung untuk akomodasi wisatawan. Perjalanan ke Pulau Tidung dimulai dari Pelabuhan Marina yang menuju Pulau Pramuka yang merupakan pusat administrasi dari Kepulauan Seribu.

Di Pulau Pramuka sudah terdapat banyak guest house yang memadai untuk wisatawan termasuk paket-paket wisata mulai dari snorkeling, kayak, banana boat dan permainan air lainnya. Namun sayang, mencari tempat makan di sini lumayan susah.

Beralih ke Pulau Tidung yang ditempuh dengan jarak kurang lebih 1,5 jam dari Pulau Pramuka, Anda akan mulai merasakan 'hawa liburan' yang sebenarnya. Selain banyaknya penginapam untuk para wisatawan, di sini juga mewarkan kegiatan air yang lebih beragam dan lebih murah daripada di Pulau Pramuka.

Anda bisa snorkeling, main banana boat, kayak, atau mainan air lainnya di sini. Tempat makan di Pulau Tidung pun beragam. Pulau Tidung pun terkenal dengan Jembatan Cinta, yaitu jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Uniknya, wisatawan sering melompat dari atas jembatan ini. Tapi harus berhati hati, sebab jembatan ini sering dilewati kapal atau banana boat yang melintas. Jadi perhatikan keadaan air sebelum meloncat!

Mitosnya, siapa yang melompat dari jembatan tersebut bisa membuat enteng jodoh. Boleh percaya boleh tidak, namun yang pasti lompat dari Jembatan Cinta Pulau Tidung merupakan suatu hal yang mengasyikan!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED