Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Okt 2013 13:01 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Tanjung Karoso yang Spektakuler di Sumba

Sandrodandara
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pantai Tanjung Karoso, Sumba, NTT
Pantai Tanjung Karoso, Sumba, NTT
detikTravel Community - Liburan panjang Idul Adha, cukup rasanya untuk menjelajah jauh ke Pulau Sumba, NTT. Savana yang kering ternyata menyimpan mutiara di baliknya. Itulah Pantai Tanjung Karoso, Pulau Sumba, NTT yang luar biasa.

Mendengar kata savana tentu pikiran Anda langsung menuju ke sebuah pulau dalam gugusan Provinsi NTT, yakni Pulau Sumba. Apalagi istilah Sumba sebagai Pulau Savana semakin populer ketika sutradara Garin Nugroho menjadikan pulau ini sebagai latar tempat untuk film Angin Rumput Savana yang dibintangi artis cantik Maudy Koesnaedi.

Pantai Tanjung Karoso berada di wilayah Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi NTT. Pantai ini tidak jauh dari tempat diselenggarakan event budaya tahunan yaitu atraksi Pasola.

Perjalanan ke Tanjung Karoso jika menggunakan kendaraan roda dua kurang lebih 1 jam dari Kota Tambolaka, Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Sepanjang perjalanan mata saya dan teman-teman disuguhi dengan suasana keseharian orang Sumba dengan rumah Sumbanya yang unik.

Saat memasuki daerah Kori, Ibukota Kecamatan Kodi Utara, kami tidak lupa membeli bekal seperti air mineral, snack, dll. Sebab di Pantai Tanjung Karoso belum ada warung yang berjualan di dekat pantai.

Melewati Kori menuju Tanjung Karoso, kami melewati ruas jalan yang sekelilingnya hanya hamparan savana. Indah sekali! Setelah kurang lebih 1 kilometer melewati hamparan savana, dari kejauhan Pantai Karoso sudah mulai terihat.

Akhinya saya dan teman-teman sampai juga di Pantai Tanjung Karoso. Yang berbeda dari Pantai Tanjung Karoso karena banyaknya pepohonan di pinggir pantai yang membuat kami tidak kepanasan berada di pantai ini. Kami pun mencari posisi yang nyaman untuk berteduh.

Ternyata teman-teman yang lain sudah tidak sabaran untuk mengabadikan momen ini. Paul, Shinta, Maya dan beberapa teman segera mencari view yang bagus untuk bidikan kamera tetunya dengan mereka di dalamnya.

Di Pantai Tanjung Karoso, Anda akan bertemu dengan nelayan yang baru pulang melaut dengan membawa ikan segar. Anda bisa transaksi langsung untuk membeli ikan. Harga ikan di sini murah, kami berhasil membeli 3 ikan segar dengan berbagai ukuran bisa kami dapat dengan hanya Rp 15.000.

Kami pun mulai mempersiapkan perapian untuk memanggang ikan. Teman lainnya sibuk membersihkan sisik ikan. Sewaktu ikan mulai dipanggang, teman lainnya memilih bersenda gurau. Saya yang sejak tadi ingin berenang langsung menceburkan diri.

Pantai Tanjung Karoso cukup aman bagi siapa saja yang ingin berenang. Apalagi airnya yang sangat bersih seperti berada di kolam renang. Pantai Tanjung Karoso termasuk pantai yang bersih, karena tidak ada sampah plastik yang bertebaran. Banyak pepohonan di pinggir pantai dan daun daun kering akan Anda jumpai pinggir pantai.

Setelah ikan panggang siap, kami pun berkumpul dan menikmati bersama. Semua teman juga mengeluarkan bekal masing masing. Kemudian menghabiskan waktu dengan berfoto sebelum kembali ke Kota Tambolaka.

Nah, sekian dulu cerita perjalanan saya dan teman-teman. Sampai jumpa di perjalanan seru saya berikutnya. Salam hangat dari Tanah Loda Weemaringgi Pada Weemala. Cintai negerimu, kenali negerimu!

Tips bagi yang ingin mengunjungi Pantai Tanjung Karoso:

1. Pastikan Anda mengecek kendaraan sebelum berangkat seperti bensin, ban, rem, dll.
2. Berkendaralah dengan hati-hati karena banyaknya lubang di jalan.
3. Pastikan Anda bersama dengan salah satu warga asli agar perjalanan anda lebih nyaman.
4. Siapakan bumbu ikan bakar jika Anda ingin membeli dan membakar ikan di pantai.
5. Jika ingin berenang, pantai ini cukup aman.
6. Pastikan Anda tidak membawa terlalu banyak sampah plastik. Ingat untuk membersihkan kembali sampah Anda sebelum pulang.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA