Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jun 2013 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Indonesia Juga Punya Bandara 'Ekstrem' di Ende

Dsuprayitno
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bukit di sisi landasan
Bukit di sisi landasan
detikTravel Community - Beberapa negara terkenal memiliki bandara dengan kontur alam yang ekstrem seperti di Peru atau Nepal. Tapi jangan salah, Indonesia juga punya bandara penantang adrenalin.

Menjadi gerbang masuk turis ke Ende, Bandara H Hasan Aroeboesman termasuk cukup ekstrem. Pesawat di sini harus mendarat dengan hati-hati karena ada gunung yang berada dekat landasan. Cukup menantang adrenalin.

Bandara H Hasan Aroeboesman, merupakan pintu masuk ke Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Anda mungkin akan menyinggahi Bandara ini apabila hendak berwisata ke Danau Kelimutu yang sangat tersohor keindahannya.

Dengan panjang runway 1.650 meter dan lebar 30 meter, bandara ini mampu melayani penerbangan dengan frekuensi 6-12 penerbangan per hari. Untuk rute Denpasar-Ende serta Ende-Kupang yang dilayani oleh Maskapai Merpati Airlines, Wings Air dan Transnusa serta didarati oleh pesawat jenis ATR 72 dan MA 60.

Gedung terminal penumpang memiliki luas 800 meter persegi menggantikan terminal lama yang hanya memiliki luas 370 meter persegi. Bandara juga telah dilengkapi dengan 6 loket tiket, 3 ruang karantina dan security.

Ruang check-in bandara ini mampu menampung sebanyak 3-6 maskapai, 80 set kursi baru, sarana pendingin ruangan sebanyak 15 unit serta kapasitas ruang tunggu. Ruang tunggu ini semula hanya mampu memuat  40-50 orang. Namun saat ini dapat menampung 180-200 orang, sehingga sangat nyaman bagi calon penumpang yang bepergian melalui Bandara ini.

Walaupun memliki pemandangan yang sangat indah dengan dikelilingi laut dan gunung, Bandara H Hasan Aroeboesman mungkin merupakan salah satu bandara yang cukup ekstrem di Indonesia. Terang saja, untuk pesawat harus berbelok 90 derajat sesaat setelah lepas landas atau sebelum landing.

Bukan tanpa sebab, ini karena ada gunung beberapa kilometer dari ujung runway atau landasan pacu. Saya sendiri baru menyadari ketika keluar pesawat dan melihat sekeliling runway.

Meski begitu, Anda tidak usah khawatir untuk terbang dari bandara ini. Pilot-pilot yang menerbangi rute ke Ende merupakan pilot-pilot terlatih dan berpengalaman. Berani mencoba?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED