Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Agu 2013 13:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Inilah Tempat Bertemu & Berenang Bareng Hiu Paus di Filipina

Wayan Pai
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Berenang  dan berdekatan bersama Whale Shark
Berenang dan berdekatan bersama Whale Shark
detikTravel Community -

Di Indonesia, salah satu tempat bertemu dan berenang bareng hiu paus nan besar adalah di Teluk Nabire, Papua Barat. Tapi kalau Anda sedang traveling ke Filipina, tempat yang tepat untuk bertemu mamalia raksasa ini adalah Oslob.

Oslob berada di Provinsi Cebu, Filipina. Perjalanan bertemu hiu paus kali ini dimulai naik pesawat Cebu Pacific dari Singapura dan tiba di Mactan International Airport, Lapu-lapu City.

Kami langsung naik taksi menuju South Bus Terminal di Cebu City. Dari sana kami naik bus menuju Oslob Tan-awan yang memakan waktu sekitar 3 jam. Sepanjang perjalanan dari Cebu City sampai Oslob, kami merasa seperti di Tanah Air. Hanya bahasanya saja yang berbeda. Alih-alih Tagalog, penduduk di sini menggunakan bahasa Cebuano.

Pohon pisang dan kelapa memenuhi tepian pantai dari Cebu City sampai Oslob, mengingatkan saya dengan pinggiran pantai di Bali. Jalan berkelok dan sepi. Sesekali kami bertemu tuk-tuk.

Kondektur bus pun berteriak, "Tan-awan, buntanding?"

Ya, 'butanding' adalah sebutan untuk hiu paus bagi orang lokal. Ternyata bus yang kami tumpangi berhenti tepat di depan penginapan. Namanya adalah Aaron Beach Resort. Pada hari pertama kami pun langsung melihat pantai. Langsung terjun ke laut dan berenang bersama hiu paus!

Dengan merogoh kocek 1.000 Peso (Rp 1,9 juta), kami bisa melihat hiu paus dalam waktu 30 menit. Jangan lupa siapkan alat-alat seperti goggle, boot, fin, dan kamera bawah laut. Hello, butanding!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED