Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Sep 2013 19:29 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Unik, Pecinan Tangerang Punya Masjid Bermenara Pagoda

Dewi Kania
d'travelers
Foto 1 dari 4
Masjid Jami Kalipasir, Pasar Lama, Tangerang
Masjid Jami Kalipasir, Pasar Lama, Tangerang
detikTravel Community - Kawasan Pecinan Tangerang punya daya pikat menarik bagi wisatawan. Ada bangunan masjid kuno bernama Masjid Kalipasir. Inilah masjid rasa Tionghoa paling terkenal di Tangerang dengan menara mirip pagoda Tiongkok.

Ferry, pemandu tur 'Jelajah Tangerang 2013' menceritakan singkat tentang sejarah masjid ini kepada saya dan rombongan Komunitas Love Our Heritage, Minggu, (29/9) kemarin, saat berkeliling kawasan Pecinan Tangerang. Masjid ini tidak luas, berada di dalam gang sempit dekat dengan Klenteng Boen Tek Bio.

Jika traveler mengunjungi kawasan Pasar Lama dan berjalan lurus menyusuri gang-gang kecil di sana pasti dengan mudah menemukannya. Masjid ini bercat hijau tua, bertembok putih dan berpintu kuning. Terlihat sangat moderen dan baru. Tapi siapa sangka kalau masjid ini punya sejarah yang harus kita tahu.

"Masjid ini umurnya sudah tua, didirikan sekitar tahun 1700-an. Tapi pernah ada yang melihat di dalam menara tertulis angka 1615," kata Ferry.

Menurut sejarah yang sempat dikisahkan, masjid ini didirikan oleh Tumenggung Pamit Wijaya dari Kahuripan Bogor. Kemudian kepengurusannya dilanjutkan oleh putra beliau bernama Raden Bagus Uning Wiradilaga pada tahun 1712.

Masjid Kalipasir memang kelihatan seperti masjid biasa saja yang berada di dalam gang kecil. Masjid ini terlihat gagah. Sayang sekali masjid ini belum dicanangkan sebagai bangunan cagar budaya.

"Masjid ini sudah berkali-kali direnovasi. Tapi pengaruh bangunannya masih terasa bergaya Arab, Tionghoa dan Eropa," kata Ferry

Akulturasi budaya dan agama memang bukan menjadi hal tabu untuk dipersatukan. Uniknya, masjid ini dulunya dibangun dibangun oleh warga muslim sekitar dan dibantu oleh warga etnis Tionghoa.

Saat Anda berada halaman masjid, coba dongakkan kepala Anda ke atas. Anda akan melihat kubah emas bernuansa Tionghoa. Meski sudah berkali-kali diperbaharui, beberapa sisi bangunan masjid tetap dipertahankan. Pintu serta pilar-pilar bangunan masjid masih asli.

Sayangnya saat itu kami tak bisa masuk ke area dalam masjid, sebab pintunya tertutup siang itu. Di sisi masjid juga bertengger menara yang mirip dengan pagoda China bercat hijau tua. Konstruksi menara ini diklaim masih asli. Keren!

"Di sebelah kanan itu sebenarnya ada pemakaman dari pendirinya sekaligus para penerus masjid ini. Tapi sayang tutup, kita nggak bisa lihat," kata Ferry.

Jangan bingung jika Anda ingin menikmati tiap sisi bangunan masjid. Ayo siapkan kamera dan pintar-pintar mencari angle yang pas. Memang agak susah jika Anda ingin mengambil gambar dengan leluasa karena gangnya sempit.

Masjid ini berada di dalam Kampung Kalipasir No 18, sekitar Pasar Lama, Sukasari, Kota Tangerang. Yuk tengok gagahnya Masjid Kalipasir kalau Anda singgah ke Tangerang. Lebih syahdu lagi, kalau Anda bisa salat di sana.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED