Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jan 2014 16:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tinalapu, Pulau dengan Perairan Sebening Kaca

Foto 1 dari 5
Pulau Kecil Nan Cantik
Pulau Kecil Nan Cantik
detikTravel Community -

Pulau dengan perairan jernih di Sulawesi tak hanya Bunaken. Ada Pulau Tinalapu, yang punya perairan jernih dan bening seperti kaca. Pulau ini juga terkenal oleh seafood yang menggugah selera.

Tinalapu adalah pulau kecil nan cantik di Teluk Tomini, tidak jauh dari kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi. Pulau ini belum terkenal di kalangan traveler. Namun karena itulah, panoramanya masih sangat asli.

Kami berangkat dari Luwuk menuju Pagimana, sebuah kecamatan di Kabupaten Banggai yang memiliki pelabuhan dan juga terkenal akan wisata kuliner, terutama seafood-nya.

Dari kota Luwuk menuju ke Pagimana memerlukan waktu kurang lebih 3 jam via darat. Di Pagimana juga terdapat beberapa penginapan sederhana. Kami bermalam di sebuah penginapan sebelum menyeberang pada keesokan harinya.

Paginya, setelah sarapan pagi di salah satu restoran yang juga menjadi dermaga keberangkatan kami, perahu kami segera angkat sauh menuju Pulau Tinalapu.

Sekitar satu jam mengarungi laut, akhirnya perahu kami bersandar di Pulau Tinalapu. Pulaunya sangat kecil dan terkesan gersang karena tidak banyak ditumbuhi pepohonan besar. Namun air lautnya yang jernih dan pantainya yang memiliki pasir putih bersih dan sangat halus membuat kami betah bermain-main dan berfoto ria disana.

Bagi yang gemar snorkeling, pemandangan bawah lautnya sangat sayang untuk dilewatkan. Kualitas air laut yang 'extraordinary' membuat terumbu karangnya yang berukuran besar bisa tumbuh dengan baik. Berbagai jenis ikan dengan corak warna-warni pun dapat Anda temui di tempat ini, dan sangatlah memanjakan mata.

Setelah puas bermain air pastinya perut Anda lapar bukan? Jangan khawatir, sekembalinya ke Pagimana, segeralah memesan hidangan seafood yang istimewa. Ada beberapa restoran dengan bangunan kayu yang dibuat menjorok kearah laut yang bisa Anda singgahi untuk sekedar berwisata kuliner. Menu spesial di tempat ini adalah lobster dan kepiting kenari!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA