Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Nov 2013 14:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Banyuwangi Beach Jazz Festival 2013, Keren!

Johanesrandy
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pintu masuk Banyuwangi Jazz Beach Festival 2013
Pintu masuk Banyuwangi Jazz Beach Festival 2013
detikTravel Community -

Musik jazz menggoyang Kota Banyuwangi di Jawa Timur, Sabtu lalu. Banyuwangi Jazz Beach Festival 2013 menghadirkan musisi jazz kenamaan untuk wisatawan seperti Syaharani, Tompi dan kebudayaan khas Banyuwangi.

Pada 16 November 2013, tepatnya Sabtu lalu, Kota Banyuwangi baru saja menyelenggarakan perhelatan Jazz. Mengambil nama Banyuwangi Jazz Beach Festival, event yang telah diselenggarakan ke-dua kalinya ini bertempat di Pantai Boom.

Sesuai dengan namanya, event jazz tersebut diselenggarakan di pantai. Padahal, musik jazz biasa dinikmati di dalam ruangan. Sudah tentu perhelatan musik jazz yang diselenggarakan di pantai memiliki suasana dan atmosfer yang beda dan unik.

Event yang merupakan rangkaian dari Banyuwangi Festival 2013 ini juga semakin semarak dengan kehadiran musisi jazz top dari dalam negeri. Mulai dari Syaharani and Queenfireworks ESQI:EF, Trio Lestari, hingga musisi lokal, Banyuwangi Ethno Carnival. Panggungnya ditata dengan sangat megah dan bernuansa pantai. Kursi penonton yang seperti tribun bola memberi sudut nyaman ke arah panggung.

Setelah menukarkan tiket, masuklah saya ke area event. Pukul 15.00 WIB, acara telah dimulai dengan penampilan jazz dari musisi lokal sebagai pemanasan. Barulah pada pukul 19.00 WIB, kursi semakin ramai, dan pertunjukan semakin memanas.

Tak lama berselang, Bupati Banyuwangi, Azwar Anas datang dan memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara. Gading Martin selaku MC, memandu acara Banyuwangi Jazz Beach Festival dari awal sampai akhir.

Salah satu keunikan dari acara Banyuwangi Jazz Beach Festival ini adalah penyertaan tradisi lokal dengan musik jazz. Penyanyi kawakan Syaharani misalnya, setelah menyanyikan lagunya, ia melakukan kolaborasi dengan seniman tradisional untuk menyanyikan lagu khas Banyuwangi yang berjudul Pethetan. 

Suara berat Syaharani, berpadu dengan suara sinden Mbok Temu, diiringi alunan musik Jawa dan para penari yang warna warni. Suasana mistik nan indah pun mengalir dan sangat menghibur. Inilah yang dinamakan Jazz Indonesia.

Puas menikmati penampilan kolaborasi Syaharani dengan musisi lokal, masih ada acara puncak yang akan semakin menyemarakkan suasana. Para penonton sudah tidak sabar untuk mendengar penampilan dari Trio Lestari. Grup yang terdiri dari Glenn Fredly, Tompi, dan Sandhy Sandoro memang sangat dinanti.

Tak lama, Tompi datang dan menyanyikan lagu andalannya, bergantian dengan Glenn dan Sandhy. Setelah lagu masing-masing dinyanyikan, trio itu nyanyi bersama dalam satu panggung. Bahkan mereka juga menyanyikan single baru berjudul 'Gelora Cintaku' untuk pertama kalinya di hadapan masyarakat Banyuwangi. Luar biasa!

Masalahnya hanya ada dua, pertama, saya tidak menyangka bahwa angin pantai bertiup sangat kencang. Sedangkan saya hanya memakai kaus saja. Langit juga sedang mendung, sehingga bintang di langit tidak tampak. Tapi tidak masalah, alunan musik jazz sudah menghangatkan saya, dan saya yakin, juga bagi semua penonton Banyuwangi Jazz Beach Festival. 

Untuk menikmati event jazz ini, sayangnya tidak gratis. Harga tiket dimulai dari Rp 300.000 untuk festival, Rp 500.000 untuk VIP, dan Rp 1.000.000 untuk VVIP. Uniknya, pihak penyelenggara juga meletakkan layar tancep di luar panggung. Sehingga bagi siapapun yang mau menikmati musik jazz, tetap dapat menikmatinya tanpa membayar. Inovasi yang patut ditiru untuk konser-konser lain.

Akhir kata untuk Event Banyuwangi Jazz Beach Festival 2013 adalah salut! Salut untuk event jazz yang beda, Bupati Banyuwangi, para musisi jazz, dan untuk Kota Banyuwangi sendiri. Adapun ini adalah kunjungan pertama saya ke Kota Banyuwangi, kesan yang ada sangatlah baik.

Kelak saya akan kembali ke Banyuwangi, entah untuk event serupa tahun depan, maupun sekedar berwisata. Banyuwangi memang menawan dan berkesan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Menelusuri Hidden Gem di Bali

Senin, 20 Agu 2018 14:15 WIB

Bali merupakan tempat wisata favorit wisatawan domestik dan mancanegara. Masih banyak tempat wisata di sana yang belum banyak orang tahu lho!