Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Des 2013 17:32 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Senja di Pantai Matras, Pantai Terpanjang di Bangka

Darwance Law
d'travelers
Foto 1 dari 5
Saat kami menyeberang ujung tanjung di selatan Pantai Matras
Saat kami menyeberang ujung tanjung di selatan Pantai Matras
detikTravel Community - Pantai Matras disebut sebagai pantai terpanjang di Pulau Bangka. Panjangnya sekitar 3 km, lebarnya juga 20-30 meter. Akhir pekan menikmati senja di sini rasanya pas untuk wisatawan.

Dari sekian banyak pantai-pantai cantik yang mengelilinginya, Pulau Bangka punya pantai terpanjang yakni Pantai Matras. Panjang pantai yang terletak di Desa Matras, Kelurahan Sinra Jaya, Sungailiat, Kapubaten Bangka (Induk) ini, panjangnya mencapai 3 kilometer. Waw, bisa dibayangkan bukan bagaimana panjang pantai yang menjadi salah satu tempat wisata favorit orang Pulau Bangka ini?

Selain pantainya yang pajang serta luas, tentu saja pemandangan di pantai ini sangat mempesona. Apalagi, di sepanjang bibir pantai, ditumbuhi pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi. Di pantai ini juga telah dibangun sejumlah pondok untuk beristirahat yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat. Sebab keindahannya itu, pantai ini sering disebut 'Pantai Surga'.

Selain itu, Pantai Matras sering disebut sebagai pantai rakyat, karena selain mudah dijangkau, biaya liburan ke pantai ini juga cukup murah. Bayar beberapa ribu rupiah saja per orang, kita sudah bisa menikmati keindahahan alam di bagian Timur Pulau Bangka ini.

Setiap akhir pekan atau hari libur lainnya, ratusan, bahkan ribuan wisatawan memadati pantai ini. Apalagi, jarak antara antara pantai dengan pusat Kota Sungat cukup dekat, yakni tak lebih dari 7 kilometer atau 40 kilometer dari Kota Pangkalpinang sebagai Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pemandangan di Pantai Matras terbagi menjadi dua bagian yang berbeda, yakni Selatan dan Utara. Di bagian Utara, sepanjang mata memandang adalah pasir pantai yang memanjang bagai tak punya batas. Maklum, pantai ini sangat panjang sekali. Sedangkan di sisi Selatan, yang terlihat justru ujung tanjung yang terdiri atas batu-batu granit khas Pulau Bangka yang eksotis. Di sebelah selatan inilah sebuah sungai air tawar khas Pantai Matras mengalir dengan syahdu.

Salah satu keistimewaan pantai ini adalah, pasir pantainya yang tentu saja berwarna putih bak tepung terigu, menyatu dengan bebatuan granit khas Pulau Bangka yang eksotis. Selain itu, air lautnya yang jernih juga menggoda kita untuk segera menceburkan diri.

Satu lagi keistimewaan lain yang mungkin tak dimiliki pantai lain, yakni sungai air tawar yang mengalir di tepi pantai. Sehingga sehabis mandi air laut, kita langsung berbilas dengan mandi air sungai yang mengalir pelan itu.

Saat berkunjung ke Pantai Matras, tak lengkap rasanya bila tak menunggu senja datang. Sekalipun pantai ini terletak di bagian timur Pulau Bangka, bukan berarti sunset tak mempesona di pantai ini. Saat bertandang kesana, saya menyaksikan senja datang di Pantai Matras.

Langit yang pelan-pelan berubah warna menjadi jingga adalah pemandangan Pantai Matras yang sulit untuk dilupakan hingga kini. Nah, bila Anda berkunjung ke Pulau Bangka, Anda pun harus mengunjungi pantai ini dari siang hingga petang menjelang.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Azerbaijan Menggoda Turis

Rabu, 14 Nov 2018 12:10 WIB

Azerbaijan jadi salah satu negara dengan perkembangan pariwisata tercepat dunia. Terus genjot pariwisata, Azerbaijan rilis video tentang keindahan alamnya.