Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Feb 2014 14:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Santolo, Paling Unik di Garut

Foto 2 dari 5
Potret di ujung jajaran batu
Potret di ujung jajaran batu
detikTravel Community -

Selain gunung, curug, bahkan candi, Garut juga mempunyai pesona keindahan laut yang sayang sekali dilewatkan. Panorama Pantai Santolo di Desa Cikelet, Pamengpeuk, punya banyak pesona unik untuk memikat wisatawan.

Pantai Santolo berdekatan dengan tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari institusi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Pantai ini memiliki panorama cantik jika kita mau mengeksplor keindahan di dalamnya.

Dari pusat kota Garut, traveler perlu melipir ke arah selatan dengan jarak kurang lebih 88 km atau sekitar 3,5 jam perjalanan. Traveler bisa menggunakan kendaraan umum berupa mobil Elf ke arah Pamengpeuk, Kabupaten Garut.

Meskipun perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan berkelok-kelok, traveler akan menemukan keindahan lain sepanjang perjalanan, yakni jalan yang dikelilingi keindahan pegunungan, desa, dan sawah yang sungguh memanjakan mata.

Bukan hal yang mengherankan jika di sini, traveler akan bertemu dengan petani-petani yang sedang menggembala sapinya yang sedang merumput di sepanjang perjalanan. Indah bukan!

Pantai yang tepatnya terletak di Desa Cikelet, Pamengpeuk, Kabupaten Garut ini memiliki keunikan tersendiri. Selain sebagai tempat berkumpulnya nelayan yang melaut di sepanjang garis pantai di Garut, dengan menyeberang perahu dari bibir pantai kita akan menemukan panorama yang menakjubkan di Pantai Santolo, salah satunya adalah Muara Cilauteureun.

Dinamakan Cilauteureun karena air di muara begitu tenang seolah-olah berhenti. Dalam bahasa Sunda, Cilauteureun berarti air laut yang berhenti. Yang menjadikannya unik adalah karena air di muara ini mengalir dari laut ke sungai, bukan sebaliknya. Sayang sekali, fenomena yang sangat jarang ini justru tidak menjadi highlight yang seharusnya menjadi daya tarik di pantai ini.

Selain itu, sebelum kita menyeberang ke Pulau Santolo, lagi-lagi kita akan disuguhi pemandangan yang memesona. Selain dari air laut yang berwarna hijau kebiruan, jajaran batu yang membelah pantai cukup memanjakan mata.

Kita bisa menyapa nelayan-nelayan yang hendak berlabuh yang berlayar dengan tertib dan sangat ramah jika kita mau menyapa. Pemandangan di sepanjang jajaran batu ini tidak kalah menarik dengan keindahan pantai utamanya. Jika kita mau berjalan sampai ke ujung jajaran batu, pemandangan laut akan tersuguh dengan romantis dan bisa menjadi spot yang indah untuk memotret.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA