Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Feb 2014 15:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tidak Hanya Bandung, Kawah Putih Juga Ada di Simalungun

reza fahlevi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Bukit Kapur danau belerang
Bukit Kapur danau belerang
detikTravel Community -

Kalau Jawa Barat mempunyai Kawah Putih di daerah Ciwidey, ternyata Sumatera Utara juga punya wisata alam kawah putih. Masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Bukit Kapur Tinggi Raja di Simalungun. Ayo ke sana!

Sumatera Utara tidak hanya terlihat eksotis dengan keindahan Danau Tobanya. Tetapi, masih banyak lagi potensi wisata alam yang tersedia untuk dieksplore lebih jauh lagi.

Lokasi kawah putih ini terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Berada di tengah-tengah kawasan hutan lindung, terdapat pesona bukit kapur seputih salju dengan danau air panas berwarna biru kehijauan.

Untuk mencapai lokasi Bukit Kapur, dapat ditempuh dengan jarak kurang lebih 80-90 Km dari Kota Medan, atau sekitar 3-4 jam dengan menggunakan sepeda motor tergantung kecepatan. Ada beberapa rute yang dapat dilalui untuk menuju lokasi ini, antara lain Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja, dan Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja,

 

Sangat disarankan untuk memilih rute yang terakhir, karena jarak tempuh yang cukup dekat dan kondisi jalan 80% mulus. Ketika memasuki wilayah Tinggi Raja, tepatnya 8 KM sebelum sampai di lokasi Bukit Kapur, jalan yang sebelumnya beraspal mulus kini berganti dengan kondisi jalan yang berbatu.

Kontur tanah berbukit, sehingga sangat diperlukan kehati-hatian dalam mengendarai kendaraan, terutama jika cuaca sedang hujan. Karena, jalan berbatu akan bercampur dengan tanah yang menjadikan jalan semakin licin.

Pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000. Sekitar 6 KM sebelum sampai lokasi, saya menemukan pungutan liar yang tidak berizin yang katanya untuk sumbangan sukarela. Tidak jelas dalam bentuk apa nantinya pungutan liar ini akan dipergunakan, semoga saja untuk perbaikan jalan menuju Bukit Kapur.

Jika ingin mengunjungi Bukit Kapur di Tinggi Raja, sangat disarankan untuk datang di hari biasa. Sebab, jika datang pasa saat akhir pekan atau musim liburan, lokasi ini menjadi sangat ramai. Sehingga tidak leluasa untuk mengabadikan momen di Bukit Kapur Tinggi Raja menggunakan jepretan kamera.

Untuk saat ini, lokasi wisata Bukit Kapur Tinggi Raja masih sangat minim fasilitas. Seperti masih sulitnya ditemukan toilet, musala, serta lokasi parkir yang tidak dikelola dengan baik. Tarif parkir untuk sepeda motor dikenakan biaya Rp 5.000 untuk setiap motornya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Pesona Asia

Pagi Bromo!

Selasa, 20 Nov 2018 08:30 WIB

Inilah saat pagi menyapa kawasan TNBTS. Kumpulkanlah memori saat melakukan perjalanan ke sana ya.