Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Jul 2014 19:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Benteng di Kebumen yang Jadi Tempat Syuting Film The Raid 2

Zakia Rizki
d'travelers
Foto 1 dari 5
Benteng van Der Wijck dari depan
Benteng van Der Wijck dari depan
detikTravel Community - Traveler yang sudah nonton FIlm The Raid 2, pasti ingat adegan perkelahian Rama (Iko Uwais) saat berada di suatu penjara. Jangan salah, tempat itu ternyata adalah Bentang Van Der Wijck di Kebumen, Jateng. Yuk, intip bentengnya!

Benteng Van Der Wijck adalah salah satu benteng peninggalan Belanda, yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Benteng ini dibangun pada tahun 1818. Kompleks bangunan di sekitar Benteng Van der Wicjk adalah barak militer yang awalnya digunakan untuk meredam kekuatan pasukan Pangeran Diponegoro.

Karena kehebatan Pangeran Diponegoro yang juga didukung pemimpin-pemimpin lokal di selatan Jawa, Belanda menerapkan taktik benteng stelsel yaitu pembangunan benteng di lokasi yang sudah dikuasainya. Tujuannya jelas, untuk memperkuat pertahanan sekaligus mempersempit ruang gerak musuh, terutama di karesidenan Kedu Selatan. Benteng ini didirikan atas prakarsa Jenderal Van den Bosch.

Pada jaman penjajahan Jepang, kompleks benteng ini menjadi tempat pelatihan prajurit PETA. Tidak susah untuk mencapai Benteng Van Der Wijck, hanya berjarak 20 kilometer dari kota Kebumen. selain itu letaknya juga straegis berada di jalur utama Jogja - Purwokerto.

Harga tiket masuknya juga terbilang murah, hanya dengan Rp 8 ribu Anda bisa mengelilingi bangunan bersejarah ini. Selain berwisata sejarah, Anda juga bisa berekreasi bersama keluarga. Untuk mengelilingi benteng anda bisa berjalan santai dan yang lebih unik lagi, ada kereta mini yang tepat berada di atas bangunan benteng ini.

Benteng van Der Wijck juga pernah menjadi lokasi syuting film The Raid 2, video Klip band Slank yang berjudul "Punya Cinta". Anda juga mungkin ingin sekedar berfoto narsis di sini, menarik bukan?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED