Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Nov 2014 15:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Daripada Molor, Mending ke Pulau Kelor

Archi Persita Wulan Ari
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pulau Kelor
Pulau Kelor
detikTravel Community - Bagi warga ibukota, Kepulauan Seribu menjadi salah satu destinasi liburan akhir pekan. Pulau Kelor yang masih sepi, bisa menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi!

Indonesia yang merupakan negara kepulauan ternyata memiliki jajaran pulau di dekat ibukota. Pernahkah Anda mendengar tentang Kepulauan Seribu? Kepulauan indah di utara Jakarta ini bisa Anda kunjungi saat akhir pekan tiba.

Pulau Kelor dahulu dikenal dengan nama Pulau Kherkhof. Untuk menuju ke sana dapat melalui Muara Kamal dan menggunakan perahu dari penduduk setempat. Selama perjalanan, dapat dilihat bambu-bambu yang dipasang oleh warga.

Pulau Kelor memiliki ikon berupa benteng Martello yang dahulunya digunakan sebagai benteng pertahanan VOC ketika melawan Portugis. Meskipun cuaca panas, tapi di Pulau Kelor tetap terasa sejuk karena adanya pohon-pohon dan angin pantai.

Sayangnya, pulau kecil yang berukuran kurang lebih 0,3 kilometer persegi ini tidak terawat. Banyak sampah berserakan. Hal ini diakibatkan kurangnya kesadaran dari pengunjung dan tidak adanya petugas kebersihan. Padahal sudah tersedia tempat sampah di tempat yang strategis.

Pulau Kelor tidak memiliki saluran listrik, sehingga bagi pengunjung yang menginap biasanya mendirikan tenda di tepi pantai. Untuk mengisi liburan singkat akhir pekan, tidak ada salahnya berkunjung ke Pulau ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED