Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Sep 2014 17:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tak Usah ke Maladewa, Indonesia Punya Morotai

Wayan Pai
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pulau Pasir atol terindah seperti di Maladewa
Pulau Pasir atol terindah seperti di Maladewa
detikTravel Community - Sepanjang mata memandang Morotai, terlihat pulau kecil seperti atol dengan pasir putih dan air laut berwarna biru yang berpendar kehijauan. Tak perlu jauh-jauh ke Maladewa, pemandangan Morotai di Maluku Utara ini sudah sangat cantik!

Perjalanan saya kali ini menuju Pulau Morotai menggunakan pesawat nasional dan pesawat perintis. Pulau Morotai berada di ujung utara Indonesia, masuk dalam provinsi Maluku Utara. Sejak Agustus 2010, Sofifi adalah ibukota baru Provinsi Maluku Utara, menggantikan Ternate.

Sejarah Pulau Morotai tidak lepas dari sejarah Perang Dunia ke II. Jeneral McArthur menjadikan Pulau Morotai sebagai base camp tentara Amerika untuk "leap frog," menyerang tentara Jepang di Filipina.

Pulau Zumzum yang tidak berpenghuni dengan pasir putih yang landai ini, jadi tempat istirahat sang jenderal di saat rehat dari medan pertempuran.

Buat yang haus snorkeling dan diving seperti saya, Pulau Morotai akan menuntaskan dahaga sampai batas maksimal. Koralnya yang indah dan lautnya yang jernih, serta pasir putih yang landai. Tentunya akan sangat menyenangkan diselami seharian.

Bangun tidur, sarapan, persiapkan alat selam dan jangan lupa kamera bawah laut untuk mengabadikawn langsung keindahan bawah laut Morotai.  Untuk menuju kapal kami yang ada di pelabuhan, kami menyewa bentor, sejenis becak yang ditarik motor dengan harga sekali sewa Rp 10.000.

Salah satu dive site yang terkenal yaitu Morotai Wreck, sisa kerangka pesawat pembom B29 saat Perang Dunia ke-II di kedalaman 42 M.

Yang mau menikah dan berfoto prewed, ngapain jauh jauh ke luar negeri?  Langsung beli tiket ke Ternate. Tidak perlu jauh-jauh terbang ke Maladewa atau Phi Phi Islands.

Untuk sampai ke Morotai dari Jakarta, perjalanan dimulai dengan pesawat Garuda tengah malam. Setelah 6 jam, tibalah kita di Ternate pagi hari, lanjut dengan pesawat perintis Susi Air selama 40 menit. Sampai langsung di pangkalan AU Leo Wattimena, Morotai.

Dari pangkalan AU, mobil carter kami sudah menunggu menuju kota Daruba, dimana penginapan kami berada. Guide kami dari Shark Diving Indonesia sudah berpengalaman, sehingga bisa menjelajah bawah laut Pulau Morotai dengan menyenangkan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED