Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Apr 2017 10:17 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Berjiwa Petualangan Liar, Datang Saja ke Banyuwangi!

Aldi Sanjaya Putra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Taman Nasional baluran
Taman Nasional baluran
detikTravel Community -

Berkunjung ke Banyuwangi memang enggak bikin bosan. Di kabupaten inilah surga bagi para pecinta alam liar.

Banyuwangi, ketika mendengar nama tersebut yang terlintas hanya lah penyebrangan ke pulau Dewata, Bali. Jangan salah, Banyuwangi mempunyai banyak destinasi yang bisa dijadikan list kunjungan bagi Anda para travelers atau pecinta alam bebas. Taman Nasional Baluran atau biasa disebut Africa Nya jawa timur ini dapat menjadi Salah destinasi yang Akan memberika warna berbeda dalam perjalananmu. The Africa's Savana of Indonesia yang sangat tepat untuk Taman Nasional Baluran yang berada di daerah Jawa Timur ini.

Nama Taman Nasional Baluran diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Tempat ini biasa disebut Afrikanya Indonesia. Menjadi salah satu destinasi yang akan memberika warna berbeda dalam perjalananmu. Dari Banyuwangi, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit dengan kendaraan pribadi. Taman ini dapat menjadi salah satu tujuan buat liburan keluarga maupun bersama rekan yang pastinya memberikan sesuatu yang berbeda buat liburanmu kali ini.

Perlu di pahami diketahui traveler, berdasarkan beberapa sumber, kawasan ini ada di SK Menteri Kehutanan No. 279/Kpts.-VI/1997 tanggal 23 Mei 1997. Kawasan TN Baluran ditetapkan memiliki luas sebesar 25.000 hektar.

Sesuai dengan peruntukkannya luas kawasan tersebut dibagi menjadi beberapa zona berdasarkan SK. Dirjen PKA No. 187/Kpts./DJ-V/1999 tanggal 13 Desember 1999 yang terdiri dari zona inti seluas 12.000 hektar. Zona rimba seluas 5.537 hektar (perairan seluas 1.063 hektar dan daratan seluas 4.574 hektar). Zona pemanfaatan intensif dengan luas 800 hektar. Zona pemanfaatan khusus dengan luas 5.780 hektar dan zona rehabilitasi seluas 783 hektar.

Taman ini memiliki 444 jenis tumbuhan dan di antaranya merupakan tumbuhan asli yang khas dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering. Di taman ini pula terdapat 26 jenis mamalia dan satwa endemik, yakni Banteng Jawa. Hewan inilah yang dijadikan maskot dari Taman Nasional Baluran. Selain itu, terdapat sekitar 155 jenis burung.

Oleh karena itulah Taman Nasional Baluran menjadi tempat yang tepat sebagai wadah pendidikan anak untuk mengenal alam sekitar dan asli Indonesia. Keren bukan!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED