Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Jan 2015 11:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Air Terjun Tanah Merah, Wisata Alam Menawan di Samarinda

Andryan
d'travelers
Foto 1 dari 3
Pengunjung hanya bisa menikmati air terjun dari kejauhan.
Pengunjung hanya bisa menikmati air terjun dari kejauhan.
detikTravel Community -

Mungkin belum banyak traveler yang pergi berwisata ke Samarinda. Padahal, ada Air Terjun Tanah Merah yang jadi destinasi alam menawan. Airnya yang sejuk dan alamnya asri cocok untuk tempat Anda berakhir pekan.

Tak banyak tempat wisata alam yang ditawarkan di Kota Samarinda. Pusat perbelanjaan yang menjamur di ibukota Kalimantan Timur ini membuat sebagian besar orang berbondong berwisata ke tempat yang lebih  modern itu. Salah satu wisata alam yang ada di Kota Samarinda adalah Air Terjun Tanah Merah.

Sebagai pelancong dari Kebumen, Jawa Tengah, air terjun ini tak seperti air terjun di Pulau Jawa yang tinggi. Air Terjun Tanah Merah hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Aliran air yang merayap di batuan besar kemudian jatuh menciptakan kolam yang lebar di bawahnya. Namun, kolam tersebut tidak boleh digunakan untuk berenang. Hal itu tak lepas dari kejadian pengunjung yang tenggelam saat berenang di kolam tersebut.

Air terjun Tanah Merah tidak memiliki air yang jernih melainkan berwarna kecoklatan. Hal tersebut disebabkan kondisi di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang cenderung berlumpur, dan merupakan tanah gambut. Suasana di sekitar air terjun ini sangat asri karena terletak di pinggiran perkampungan yang masih alami. Pohon-pohon rindang khas tanah Borneo menjulang tinggi menjadi ornament alam yang menambah asri dan indah obyek wisata ini.

Air terjun Tanah Merah terletak di Dusun Purwosari, Desa Tanah Merah kecamatan Samarinda Utara atau sekitar 14 Km ke arah timur laut Kota Samarinda, di ruas jalan poros Samarinda-Bontang. Untuk mengakses objek wisata ini, pengunjung dapat dengan mudah menjangkaunya dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat menggunakan trayek dari Pasar Segiri ke Sungai Siring, kemudian berhenti di simpang tiga menuju Air Terjun Tanah Merah. Jika pengunjung dari arah Kota Samarinda, gapura untuk menuju air terjun Tanah Merah berada di kanan jalan, dan sebaliknya jika dari arah Bontang.

Fasilitas yang disediakan pengelola Air Terjun Tanah Merah terbilang cukup lengkap. Ada kamar mandi, bangku taman, gazebo, warung makan, pemancingan, outbond, area parkir, dan arena bermain anak-anak. Di sini juga terkadang diadakan pentas hiburan. Namun, kini semua fasilitas tersebut terlihat mangkrak dan tak terurus. Sampah pengunjung juga terlihat dibiarkan berserakan.

Obyek wisata yang sempat booming ini mulai ditinggalkan pengunjung khususnya warga Samarinda. Jalan dari pintu loket tiket menuju ke air terjun tebilang  buruk. Jalan masih didominasi tanah dan urukan batu. Namun, suasana pedesaan dan perkampungan akan menjadi obat tersendiri sepanjang jalan menuju lokasi.

Lepas dari itu semua, air terjun Tanah Merah layak dikunjungi untuk wisatawan yang sedang, atau pun yang ingin ke Kota Samarinda. Tiket untuk masuk ke obyek wisata ini adalah Rp 5.000. Tarif parkir roda dua Rp 2.000 dan roda empat Rp 5.000. Gemericik air dan asrinya alam di sekitarnya membuat betah siapaun yang mengunjunginya. Selamat berlibur, traveler, dan buanglah sampah pada tempatnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED