Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Apr 2015 11:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Inikah Air Terjun Tertinggi di Indonesia?

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Air Terjun Sigura-Gura
Air Terjun Sigura-Gura
detikTravel Community - Indonesia punya banyak air terjun, tapi apa air terjun mana yang paling tinggi ukurannya? Terletak di Kabupaten Toba Samosir, inilah Air Terjun Sigura-gura yang disebut-sebut tertinggi se-Indonesia yang tingginya mencapai 250 meter.

Air Terjun Sigura-Gura disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun yang memiliki ketinggian hingga 250 meter ini berada di Kabupaten Asahan yang berbatasan dengan Kabupaten Tobasa.

Sayangnya saat saya berkunjung ke sana, saya tidak bisa mencapai langsung air terjunnya. Hal itu karena lokasi Air Terjun Sigura-Gura merupakan kawasan pembangkit listrik tenaga air. Sehingga tidak memungkinkan untuk dikunjungi masyarakat awam tanpa surat izin.

Saya dan para wisatawan yang lain hanya bisa menikmati keindahan Air Terjun Sigura-Gura dari gardu pandang yang memang disediakan untuk menikmati indahnya air terjun ini. Dari gardu pandang ini, saya dapat melihat aliran Air Terjun Sigura-Gura ini.

Air terjunnya sendiri seperti bersumber dari mata air yang berada tepat di puncak gunung. Kemudian aliran airnya mengalir melalui bebatuan yang sedikit curam dan akhirnya aliran air terjunnya terlihat mengalir ke jurang yang sangat dalam dan bermuara di Sungai Asahan yang ada di bawahnya.

Namun, meski pun merupakan air terjun tertinggi, tetapi pengelolaan tempat ini masih sangat minim, seperti lokasi parkir dan toilet yang tidak tersedia. Sehingga wisatawan memarkir kendaraannya tepat di bahu jalan. Sungguh sangat disayangkan. Andai dikelola dengan lebih baik, pasti lebih keren lagi.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED