Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Apr 2015 11:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Museum Batak yang Keren di Balige

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 2 dari 5
Aksara Batak
Aksara Batak
detikTravel Community - Museum tak selamanya punya kesan kusam dan kuno. Museum Batak di Balige, Sumatera Utara justru tampak modern, futuristik dan keren. Koleksinya pun lengkap dan terawat. Ayo, kita lihat isinya lae!

Di Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir, terdapat Museum Batak yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan sejarah dan kearifan budaya masyarakat Batak Toba. Museum ini bertempat di Jl Pagar Batu No. 88, Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Museum Batak didirkan oleh T. B. Silalahi, dan diresmikan di Balige pada tanggal 18 Januari 2011 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Di bagian taman depan museum terdapat miniatur Danau Toba dan sebuah patung Raja Batak terbuat dari perunggu setinggi 7 meter sebagai Icon Museum.

Di bagian depan museum juga terdapat diorama menggambarkan 6 etnis Batak berupa relief dari perunggu. Etnis tersebut ada Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola dan Batak Mandailing.

Di dalam museum Batak ini terdapat berbagai koleksi peninggalan sejarah dan kearifan budaya masyarakat Batak Toba. Seperti aksara Batak, berbagai patung, tongkat, artefak, senjata dan alat perang, mata uang, peralatan hidup masyarakat Batak, miniatur rumah adat dan berbagai koleksi bersejarah lainnya.

Di salah satu ruangan juga terdapat diaroma yang menggambarkan perjuangan Sisingamangaraja XII dalam melawan Kolonial Belanda. Sunggu heroik sekali. Anda bisa meneladani perjuangan Beliau di museum ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA