Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Apr 2015 14:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Goa Kreo, Tempat Semedi Sunan Kalijaga di Semarang

Hebbywilanda
d'travelers
Foto 1 dari 5
Waduk Jatibarang
Waduk Jatibarang
detikTravel Community -

Kalau sedang berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah, coba bertolak ke kawasan Waduk Jatibarang. Di sini terdapat Goa Kreo, sebuah gua alam yang konon jadi tempat semedi dan petilasan Sunan Kalijaga.

Goa Kreo adalah tempat wisata yang berada di kawasan Waduk Jatibarang. Dibuka sejak 2014 lalu, Goa Kreo dan Waduk Jatibarang dapat dinikmati oleh wisatawan dengan hanya membayar Rp 5.000.

Untuk mencapai gua, Anda perlu menyeberangi bendungan menggunakan jembatan yang melintang kokoh di tengahnya. Jembatan berwarna merah ini menjadi daya tarik untuk spot foto saat Anda memasuki kawasan Goa Kreo. Puluhan anak tangga yang meliuk indah sebelum jembatan sangat fotogenik saat diabadikan dalam kamera.

Berada tidak jauh dari Curug Lawe, Goa Kreo memiliki sejarah yang menarik. Dulu saat Wali Songo berniat membangun Masjid Agung di Demak, Sunan Kalijaga membawa kayu sebagai bahan bangunan masjid melalui sungai menuju Demak.

Namun di tengah perjalanan, kayu tersebut tersangkut dan perjalanan tidak bisa dilanjutkan. Sunan Kalijaga konon memohon bantuan kepada Tuhan dengan bersemedi di suatu gua yang sekarang dikenal sebagai Goa Kreo.

Selain dapat menikmati gua dan waduk, tempat ini juga masih terjaga keasriannya. Terbukti dengan adanya sekelompok monyet yang hidup di kawasan Goa Kreo. Jangan takut jika monyet-monyet ini mendekati Anda. Kadang monyet tersebut hanya ingin mendapatkan makanan dari pengunjung, bukan ingin mengganggu. Anda dapat melemparkan kacang atau roti pada monyet-monyet yang sudah jinak ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA