Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Des 2015 11:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Vihara Terbesar Indonesia Ada di Medan

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Maha Vihara Maitreya
Maha Vihara Maitreya
detikTravel Community - Medan punya beberapa destinasi wisata religi yang menarik untuk didatangi. Satu yang keren adalah Maha Vihara Maitreya, salah satu vihara terbesar di Indonesia.

Medan sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara memiliki keragaman agama, suku dan budaya. Sehingga sangat menarik untuk ditelusuri. Medan memang selalu identik dengan Batak atau pun Melayu Deli, tetapi di sini kerukunan antar beragama dan antar suku terjaga dengan baik.

Bahkan di kota ini terdapat berbagai macam bangunan peribadatan dari berbagai agama dan sudah terkenal sebagai objek wisata religi, seperti Masjid Raya Al-Mashun, Kuil Shri Mariamman, Gereja Velangkani, Maha Vihara Maitreya dan banyak lagi yang lainnya.

Maha Vihara Maitreya adalah salah satu vihara terbesar di Indonesia. Vihara ini sering juga disebut Vihara Cemara Asri karena terletak di dalam kompleks Perumahan Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara, Kota Medan. Maha Vihara Maitreya dibangun pada tahun 1991 di atas lahan seluas 4,5 hektar dan diresmikan pada tanggal 21 Agustus 2008.

Vihara ini dibangun sebagai tempat peribadatan bagi umat Buddha di Medan secara khusus, dan Sumatera Utara secara umum, mengingat besarnya jumlah etnis Tionghoa yang tinggal di kota Medan dan sesuai dengan namanya, Maitreya, Vihara ini memang sangat kental dengan ajaran Buddha Maitreya yang mengajarkan cinta kasih semesta.

Meski pun merupakan salah satu vihara terbesar di Indonesia, akan tetapi interior yang menghiasi Maha Vihara Maitreya terlihat sederhana dan memberikan suasana yang tenang dan sunyi, sehingga menambah kekhusyukan peribadatan.

Bangunan viharanya terbagi menjadi tiga ruangan utama.  Gedung pertama terdapat Baktisala umum yang merupakan tempat pemujaan Buddha Sakyamuni, Bodhisatva Avolokitesvara dan Bodhisatva Satyakalama. Gedung ini mempunyai daya tampung sebanyak 1.500 orang.

Pada bagian gedung kedua merupakan area Baktisala Maitreya dengan daya tampung sebanyak 2.500 orang. Di bagian ini juga terdapat baktisala Patriat Suci. Selain itu juga, terdapat aula serbaguna sebagai tempat ruang makan khusus resepsi.

Sedangkan, pada gedung ketiga merupakan balai pertemuan dengan kapasitas 2.000 orang. Semua gedung terdapat wisma, hanya saja wisma pada gedung 1 memiliki fasilitas yang paling lengkap, yakni adanya ruang perkantoran, ruang rapat, studio rekaman dan dapur umum.

Bangunan Maha Vihara Maitreya juga dihiasi berbagai patung naga dan relief hewan mitos pada dinding vihara seperti burung phoenix, kirin dan naga. Di sebelah kanan vihara juga terdapat teko melayang yang merupakan air mancur. Sebenarnya tekonya tidak melayang kok, karena jika diperhatikan baik-baik akan terlihat tiang penyangga tekonya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED