Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Jan 2016 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jelajah Taman Tionghoa Hingga 'Luar Angkasa' di Jakarta

Resa Noor Fauziah
d'travelers
Foto 1 dari 3
Gambar seorang astronot
Gambar seorang astronot
detikTravel Community - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta tak hanya punya anjungan rumah adat berbagai daerah Indonesia. Ada juga Taman Tionghoa dan wahana luar angkasa SkyWorld.

TMII adalah salah satu destinasi utama saat masih duduk di bangku pelajar. Tetapi, seiring berjalannya waktu TMII semakin memberikan inovasi terbaru salah satunya Among Putro SkyWorld.

Wahana Among Putro SkyWorld dan Taman Budaya Tionghoa juga bisa menjadi destinasi liburan traveler yang keren dan mengedukasi. Bertepatan dengan digelarnya 'Workshop Menulis ala detikTravel', d’Traveler berkesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang ruang angkasa di SkyWorld dan merasakan suasana Tionghoa di Taman Budaya Tionghoa.

Sebelum memulai penjelajahan, peserta dibekali dengan asal-usul TMII beserta semua wahana dan fasilitas yang ada di sana. Setelah puas dengan penjelasan Jaya Purnawijaya, peserta kembali dibekali ilmu menulis artikel ala detikTravel.

Tiba saatnya menjelajah wahana Among Putro SkyWorld. Saat ini wahana yang sudah dapat dinikmati di antaranya Exhibition Room, Planetarium, dan Photo 3D. Wahana ini belum sepenuhnya rampung, masih ada beberapa bagian yang masih dalam proses finishing.

Sebelum menjelajahi SkyWorld, peserta diajak mengenal beberapa peristiwa di ruang angkasa melalui Exhibition Room. Setelah puas dengan pendekatan mengenai planet-planet secara ilmiah, peserta diajak untuk lebih menikmati perjalanan ke ruang angkasa melalui media visualisasi.

Di wahana Planetarium ini kami diajak untuk mengitari planet-planet termasuk Bumi. Selain itu, kami diajak untuk melihat kelahiran hingga kematian bintang-bintang yang menakjubkan.

Peserta mulai beralih ke wahana Photo 3D, di sana pengunjung dapat berfoto ala astronot lengkap dengan kostum dan latar yang kental dengan suasana ruang angkasa.

Puas jelajah SkyWorld, peserta diajak menyegarkan mata di Taman Budaya Tionghoa. Mata kita dimanjakan dengan keasrian taman dan bangunan yang sangat kental dengan gaya arsitektur Tionghoa.

Setelah memasuki gerbang utama yang merupakan sepasang naga, peserta disuguhkan dengan batu granit yang menyerupai bola dunia yang ditopang dengan penyangga, sekaligus sebagai pipa yang dialiri air bertekanan tinggi. Itu untuk memutar batu granit dengan arah putaran sesuai Feng Shui.

Setelah masuk lebih dalam ada bangunan rumah khas Tionghoa, patung shio, serta danau kecil. Ciri khas TMII tidak pernah hilang dari setiap wahana selalu terselip edukasi dengan terdapat Museum Laksamana Cheng Ho dan Museum Hakka.

Sayang sekali dikarenakan jam kunjungan museum hanya sampai pukul 16.00 WIB, kami hanya bisa menikmati museum di bagian pelataran. Tetapi, desain bangunan dan suasana sejuk yang disuguhkan membuat betah berlama-lama di Taman Budaya Tionghoa.

Penjelajahan berakhir dan peserta berkumpul di ruang perpustakaan TMII. Di sana keakraban semakin terasa saat beberapa peserta berbagi cerita mengenai workshop ala detikTravel.

Begitu banyak keseruan yang bisa kami dapatkan dalam acara ini. Jadi teman-teman, terbuktikan kalau jalan-jalan seru tidak perlu jauh dan menghabiskan isi kantong!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA