Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Mar 2016 10:12 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Destinasi di Belitung Rekomendasi Laskar Gerhana

Ari Es
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Inilah Pantai Tanjung Tinggi Lokasi Syuting Laskar Pelangi
Inilah Pantai Tanjung Tinggi Lokasi Syuting Laskar Pelangi
detikTravel Community - Laskar Gerhana detikcom baru-baru ini diajak menjelajahi Pulau Belitung untuk melihat Gerhana Matahari Total. Berikut 5 destinasi yang direkomendasikan oleh Laskar Gerhana.

Negeri Laskar Pelangi, itulah julukan Pulau Belitung atau oleh masyarakat lokal sebenarnya bernama Belitong, karena diambil dari salah satu nama binatang laut sejenis siput.

Pasca novel fenomenal Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata, dilanjutkan dengan hebohnya Film Laskar Pelangi yang sangat populer di Indonesia hingga mancanegara, Pulau Belitung langsung menjadi pusat perhatian wisata yang wajib dikunjungi.

Saya sendiri memiliki kesempatan untuk berkunjung kesini bersama Tim Laskar Gerhana detik.com, dari mulai tanggal 8 hingga 10 Maret 2016.

Tak ingin menyiakan momen langka ini, usai menyaksikan Gerhana Matahari Total, saya juga ingin memberikan rekomendasi untuk traveler yang ingin datang ke Belitung.

Berikut ini destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Bangka Belitung:

1. Pantai Tanjung Tinggi

Jika Anda ke Belitung tapi tidak kesini, maka itu sebuah kerugian terbesar, karena pantai inilah yang dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi yang sangat fenomenal.

Keindahan pantai Tanjung Tinggi memang sungguh luar biasa. Begitu memasuki lokasi pantai Tanjung Tinggi, Anda akan melihat keindahan pantai yang sangat jarang dijumpai di pantai-pantai lainnya.

Jika di beberapa pantai dipenuhi batu karang, di Belitung ini justru bebatuan marmer memenuhi setiap sudut tepian pantai Tanjung Tinggi. Lokasi ini tentunya menjadi spot terbaik dan sangat disukai oleh para traveller yang bisa berpindah-pindah menikmati keindahan pantai Tanjung Tinggi.

2. Pulau Lengkuas

Pulau yang satu ini benar-benar sungguh mempesona. Lokasinya yang terlihat masih terjaga dan masih alami menjadikan pulau ini menjadi destinasi yang sangat disukai oleh traveler, tidak hanya Indonesia tapi juga mancanegara.

Di Pulau Lengkuas ini, Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling, berjemur, berenang, atau sekedar menikmati segarnya kelapa muda atau bersantai di tepi pantai bersama keluarga tercinta.

Di pulau ini juga terdapat mercusuar yang bisa Anda kunjungi untuk melihat keindahan pantai dari ketinggian ratusan meter.

3. SD Muhammadiyah Gantong dan Galeri Rakyat Laskar Pelangi

Sekolah yang dijadikan lokasi syuting Laskar Pelangi ini juga bisa menjadi pilihan yang bisa Anda datangi saat ke Belitung. Jaraknya dari Bandara sekitar 1 jam 25 menit perjalanan. Untuk kondisi jalannya sudah sangat baik, sehingga perjalanan ke sana bisa sangat lancar.

Di depan gerbang SD Muhammadiyah Gantong terdapat Galeri Rakyat Laskar Pelangi. Di tempat ini terdapat koleksi-koleksi yang dijadikan syuting di film Laskar Pelangi, diantaranya mulai dari sepeda, radio, gitar khas belitong dan yang lainnya.

4. Museum Kata Andrea Hirata

Lokasi Museum Kata Andrea Hirata ini tidak jauh dengan lokasi Galeri Rakyat Laskar Pelangi, hanya sekitar 10 menit perjalanan. Saat kita berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata ini, pengunjung akan menemukan kata-kata yang dibuat sendiri oleh Andrea Hirata.

Kalau saya boleh simpulkan dari keberadaan Museum Kata Andrea Hirata ini, seolah-olah Andrea Hirata ingin menunjukan kepada pengunjung bahwa dengan Sastra dan kata-kata yang ditulisnya, sudah membuktikan mampu membuat perubahan yang sangat mengagumkan.

Dengan berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata ini kita juga mendapatkan banyak inspirasi dan motivasi untuk lebih bersemangat untuk membuat karya bernama sastra atau tulisan apapun yang bisa membuat perubahan di sekitar kita.

5. Danau Kaolin

Danau ini jaraknya sangat dekat dengan bandara sehingga Anda bisa dengan sangat mudah menuju lokasi Danau Kaolin ini. Danau Kaolin merupakan danau yang terbentuk karena sisa-sisa penggalian tambang timah.

Jika Anda berkunjung ke Danau Kaolin untuk tetap waspada saat ingin narsis dan berfoto di sini, karena beberapa tepian titik danau tidak terdapat pagar pengaman.

Sebenarnya masih banyak lokasi-lokasi yang sangat eksotis untuk Anda kunjungi di Belitung, namun semoga saja dari 5 lokasi yang saya sebutkan di atas mampu menjadi referensi untuk traveller yang ingin berkunjung ke Belitung.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Ditipu Foto Ekstrem

Jumat, 20 Apr 2018 23:11 WIB

Foto-foto ekstrem berikut ini bikin ngeri. Berdiri di pinggir batu yang tinggi dengan lanskap pantai di bawahnya, tapi... bohong!

Foto: Toilet Umum Terindah di Dunia

Jumat, 20 Apr 2018 21:55 WIB

Toilet umum pasti lekat dengan suasana yang kurang higienis. Rasanya cuma di Norwegia, ada toilet pinggir jalan yang tak cuma bersih tapi terlalu cantik!