Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Apr 2016 18:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Terpesona Bendungan Wonorejo di Tulungagung

Arya Martin
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pemandangan Bendungan Wonorejo
Pemandangan Bendungan Wonorejo
detikTravel Community -

Selain alam yang indah, Tulungangung juga punya wisata buatan berupa bendungan indah. Jika mampir ke sana, sempatkanlah mampir ke Bendungan Wonorejo.

Ketika saya mengunjungi Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur, saya tidak lupa menyempatkan diri untuk menikmati keindahan Bendungan Wonorejo. Bendungan Wonorejo terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwowo.

Ini merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Luas permukaan air maksimal bendungan ini mencapai 3,85 juta meter persegi dan mampu menampung volume timbunan air hingga 6,05 juta meter kubik.

Besarnya kapasitas dan luas bendungan ini membuat pemandangan di area sekitarnya sangat indah. Waduk yang besar dan dikelilingi perbukitan semakin memanjakan mata para pengunjungnya.

Untuk mencapai bendungan ini cukup mudah. Hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit atau sekitar 12 Km dari kota Tulungagung. Tarif masuk cukup terjangkau dan jauh dari kata mahal.

Di pelataran parkir sudah banyak warung yang menjajakan dagangannya. Minuman dingin yang saya nikmati di pinggir Bendungan Wonorejo membuat kenikmatannya berlipat ganda.

Pada akhir pekan, Bendungan Wonorejo menjadi salah satu pilihan wisata warga Tulungagung maupun dari kota lain membuat suasaa ramai. Bendungan Wonorejo difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air yang  memiliki kapasitas turbin hingga 6,5 mega watt dan juga sebagai sumber air yang akan diolah PDAM.

Selain fungsi utamanya itu, waduk ini juga digunakan untuk pencegah banjir yang dahulu sering melanda Tulungagung. Area waduk juga biasa digunakan untuk sarana edukasi dan kegiatan outbond.














 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Pesona Asia

Pagi Bromo!

Selasa, 20 Nov 2018 08:30 WIB

Inilah saat pagi menyapa kawasan TNBTS. Kumpulkanlah memori saat melakukan perjalanan ke sana ya.