Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mei 2016 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Menarik di Bandung, Gua Pawon dan Stone Garden

Meytika Fitria
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Stone Garden di Padalarang
Stone Garden di Padalarang
detikTravel Community -

Apabila dulu Bandung dikenal karena factory outletnya, kini Kota Kembang lebih dikenal akan tempat wisata alamnya. Yang cukup beda adalah Gua Pawon dan Stone Garden di Padalarang.

Kali ini saya punya kesempatan untuk mendatangi dua tempat yang merupakan wisata Bandung daerah Barat, yaitu Gua Pawon dan Stone Garden. Kedua tempat itu relatif tidak terlalu jauh, karena masih dalam satu area perbukitan.

Bahkan Gua Pawon dan Stone Garden dapat dianggap berada pada bukit yang sama. Gua pawon berada di bagian bawah bukit, sedangkan Stone Garden berada di puncak bukit.

Gua Pawon merupakan sebuah situs purbakala karena ditemukannya kerangka manusia. Sedangkan Stone Garden berisi banyak batu-batu dan di antaranya seperti batu yang terstruktur.

Menurut saya, pemandangan yang diberikan oleh Stone Garden merupakan salah satu pemandangan terbaik yang bisa di dapat di sekitar Bandung, bahkan melebihi Tebing Keraton.

Kami berangkat dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan bantuan GPS. Maklum belum tahu pasti untuk lokasinya. Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan bantuan GPS, sampailah kita di lokasi tujuan yaitu Gua Pawon.

Sesampainya di sana kita membeli tiket masuk seharga Rp 5.000/orang, belum termasuk tiket parkir mobil. Untuk sampai ke mulut gua kita harus melewati jalan yang menanjak. Ukuran bibir Gua Pawon relatif besar, dan di dalam gua tersebut terdiri dari beberapa ruangan besar.

Gua ini relatif tidak terlalu gelap karena cahaya matahari bisa masuk melalui langit-langit gua. Di ruangan pertama, pasti pengunjung akan dihadapakan dengan bau yang sangat tidak sedap yang berasal dari kotoran kelelawar.

Gua tersebut memang dipenuhi oleh kelelawar, namun hanya pada ruangan pertama. Apabila kita berjalan terus ke sisi kiri, terdapat ruangan yang merupakan situs purbakala. Terdapat pula tengkorak manusia purba, namun dipagari sehingga pengunjung hanya dapat melihat tanpa menyentuhnya.

Kemudian, kami melanjutkan untuk turun ke bagian bawah sisi kiri gua dan menemukan spot-spot foto yang keren. Saat kami berkunjung ke tempat ini kami bertemu beberapa anak SD yang mungkin sedang melakukan study tour dari sekolahnya. Kami pun sempat berfoto bersama.

Setelah puas berselfie ria, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Stone Garden yang tepat berada di atas Gua Pawon. Pengunjung bisa melewati jalan setapak yang tepat di sebelah tempat parkir. Perjalanan dengan kaki menuju puncak bukit kurang lebih 15 hingga 30 menit, bergantung pada stamina masing-masing orang.

Setelah sampai puncak, terdapat tempat parkir kendaraan dan beberapa warung. Tempat parkir ini dapat diakses melalui jalur yang berbeda dan ditujukan bagi pengunjung yang ingin langsung ke Stone Garden.

Untuk melepas lelah, kami pun mampir di salah satu warung untuk meminum es kelapa muda untuk melepas dahaga setelah melewati jalan yang cukup menanjak. Bagi para pengunjung Stone Garden diharuskan membayar Rp 3.000 rupiah.

Untuk mencapai Stone Garden kita harus berjalan kurang lebih 200 meter dan akhirnya bisa menikmati pemandangan yang sangat mengagumkan. Di sini banyak spot foto untuk berselfie ria untuk timeline Instagram. Kami saja sampai bingung memilih spot foto untuk berselfie saking banyaknya tempat yang indah.

Setelah puas berselfie ria, kami pun memutuskan untuk pulang karena mengingat kami harus melalui medan yang cukup berat untuk bisa sampai di tempat parkir saat pertama kita datang.



 

 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.