Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Jul 2016 11:20 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenal Tenun Lombok di Desa Adat Sade

Dian-koernia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kain tenun
Kain tenun
detikTravel Community - Lombok juga terkenal dengan kain tenunnya yang cantik. Traveler bisa mengarah ke Desa Sade untuk mengetahui seluk beluk dan sejarah dari kain tradisional tersebut.

Lombok tidak hanya tentang laut yang bersih, pasir yang putih dan gili yang mempesona. Lombok juga identik dengan desa adat Suku Sasak dan kerajinan tradisional kain tenun ikat.

Anda bisa berkunjung di Desa Sade di Rembitan, tempat asli komplek perumahan adat Suku Sasak, yang sekarang menjadi desa wisata. Anda akan disambut penduduk yang bertugas sebagai guide, menjelaskan seluk beluk suku Sasak.

Rumah mereka hanya ada 3 ruangan: ruang depan, ruang tengah dan ruang dapur sekaligus tempat melahirkan. Lantai terbuat dari campuran kotoran sapi dan tanah liat, tapi realitanya tidak bau.

Mereka biasa menikah dengan sesama suku karena terkait mas kawin yang relatif "murah". Kalau dengan "orang luar", mas kawin bisa sangat mahal harganya.

Terkait kain tenun, ada 2 jenis: tenun ikat dimana yang mengerjakan biasanya kaum laki-laki dan tenun songket di mana yang mengerjakan biasanya kaum wanita. Wanita belum boleh menikah jika belum bisa menenun kain.

Anda bisa "belajar" menenun dari mereka, juga berfoto dengan mengenakan baju adat. Ada koperasi khusus di daerah Sukapura yang menyediakan hal itu semua.

Lombok terkenal dengan sebutan "pulau seribu masjid", di desa Sade pun Anda akan menemukan masjid yang bersih dan indah.

Warisan budaya yang harus dilestarikan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA