Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Agu 2016 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Air Terjun Tersembunyi yang Seindah Surga di Kendari

Bambang Ismanto Harlin
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Perjalanan menuju Air Terjun, menyusuri kali
Perjalanan menuju Air Terjun, menyusuri kali
detikTravel Community - Di pedalaman Konawe, Sulawesi Tenggara, ada air terjun nan cantik yang masih tersembunyi. Namanya Air Terjun Tiku Matapila. Seindah surga.

Akhir pekan kali ini kami memutuskan untuk berlibur kesuatu tempat di wilayah Konawe Utara. Air Terjun Tiku Matapila, namanya diambil dari desa di mana lokasi air terjun ini berada.

Dari Kota Kendari akan ditempuh sekitar 1,5 jam dengan kendaraan melewati jalan poros Sultra - Sulteng. Setelah sampai di pertigaan Meluhu kita menggambil jalan kekiri menuju perbukitan Meluhu.

Dari sini perjalanan akan sedikit berat karena melewati jalan pengerasan, berlubang. Jalan menanjak yang di sisinya banyak terdapat jurang sehingga dibutuhkan konsentrasi dan kewaspadaan dalam berkendara.

Beberapa saat berkendara kita akan menemukan kebun jeruk milik petani yang sudah tidak terawat. Ini merupakan titik awal tracking sekaligus tempat penitipan kendaraan dan merupakan satu-satunya akses menuju lokasi air terjun.

Perlu diketahui di sini tidak ada jasa penitipan kendaraan. Jadi kita hanya memarkirkan kendaraan di tepian sungai dan berharap tidak terjadi sesuatu pada kendaraan kita.

Tidak ada papan penunjuk jalan untuk ke lokasi ini. Karena memang tempat masih sangat jarang dikunjungi oleh traveler.

Setelah tracking selama 30 menit kita akan menjumpai air terjun pertama. Di sini adrenalin kita akan terpacu karena untuk menikmati keindahan air terjun kita harus menuruni tebing dengan elevasi 85 derajat belum lagi harus menyebrangi titian yang terbuat dari satu balok saja. Dijamin degup jantung akan bertambah kencang.

Bagi yang bernyali besar tidak perlu repot-repot menuruni tebing. Kamu bisa melompat dari atas untuk sampai ke dasar air terjun dengan ketinggian sekitar 8 meter. Dengan resiko basah tentunya. Kedua cara ini akan menghadirkan sensasi yang berbeda.

Bagi yang ingin berlama-lama di tempat ini kita bisa sekadar berendam, menikmati kindahan air terjun dan merasakan percikan-percikan air terjun yang terbawa oleh angin. Di tempat ini juga banyak ditemukan berbagai jenis anggrek yang berpadu dengan tanaman lain menjadikan tempat ini seperti sebuah taman dalam hutan.

Tak ingin berlama-lama di sini, kami melanjutkan perjalanan menuju air terjun berikutnya.

Perjalanan terasa lebih ringan karena sepanjang jalan kita bisa menemukan beberapa air terjun mini, kolam bentukan air, berbagai jenis anggrek serta tebing yang seolah-olah membentengi aliran sungai ini dari sesuatu. Hal ini membuat kami berjalan lebih lambat karena hampir setiap 50 meter kami berhenti untuk menggambil gambar mengabadikan keindahannya.

Setelah 25 menit perjalanan sayup-sayup terdengar suara gemuruh air. Tak lama berselang kita akan sampai di tepian jurang yang merupakan puncak dari air terjun ini.

Di sisi lain tebing nampak sebuah air terjun dengan debit air yang cukup besar terlihat begitu indah. Setelah puas menikmati air terjun dari atas kami memutuskan untuk turun ke dasar air terjun.

Sama dengan air terjun pertama untuk sampai ke dasar kita juga harus menuruni tebing dengan elevasi 80 derajat dan kedalaman yang lebih dari air terjun pertama.

Sampai di dasar kita akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Ternyata di sini terlihat lebih cantik, nampak 2 air terjun dari aliran sungai berbeda bersanding menjadi satu menumpahkan debit airnya kedalam kolam yang sama. Tak ada sampah, bersih dan sangat asri.

Luar biasa... keindahannya hanya bisa diungkapkan dengan satu kata "Allahu Akbar" Dialah yang menciptakan segala sesuatu yang ada di muka bumi ini. Puas bermain air, berendam dan menikmati kecantikan air terjun ini kami memutuskan untuk kembali pulang.

Tempat ini merupakan tempat istimewa bagi kami, semoga akan terus terjaga keindahan dan keasriannya dan bisa dinikmati oleh generasi sesudah kami. Ya... Air Terjun Tiku Matapila Hidden paradise di belantara hutan perbukitan Meluhu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED