Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Agu 2016 13:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pantai Kuta Lombok yang Pasirnya Seperti Merica

Ni Kadek Yuni S
d'travelers
Foto 1 dari 5
Suasana Pantai Kuta
Suasana Pantai Kuta
detikTravel Community - Berbeda dengan Kuta Bali, Pantai Kuta di Lombok pasirnya seperti merica. Traveler pun banyak yang terkesima dengan keunikannya.

Pantai Ini mempunyai garis sepanjang 7,2 km dan di sebelah barat pantai menjulang Bukit Mandalika. Keunikan pantai kuta ini adalah pasirnya. Berbeda dari yang lainnya, Pantai Kuta mempunyai pasir putih dan berbentuk seperti merica.

Dari Mataram, Pantai Kuta Lombok berjarak 73 km, dengan jarak temph 1,5 jam. Jika dari Bandara Internasional Lombok Praya (BIL) jarak yang ditempuh sekitar 30 menit. Di sarankan menyewa mobil dan mengajak tour guide.

Rata-rata untuk paket Lombok Tengah sebesar Rp 600.000 sampai kelipatannya tergantung akomodasi dan fasilitas. Di sepanjang perjalanan menuju pantai cantik ini, kita bisa menikmati pemandangan suasana kota Lombok yg masih bebas dari kemacetan dan kita bisa melihat alat transportasi Cidomo yang unik di sepanjang jalan dan pasar tradisional.

Sesampainya di pantai ini kita disuguhi oleh birunya air laut dan bukit Mandalika yang menjulang di sebelah barat pantai. Di Bukit Mandalika ini terdapat cerita rakyat menurut legenda terdapat putri cantik berambut panjang yang bernama Putri Mandalika.

Banyak pangeran dan pemuda yang melamar namun putri tidak bisa memberikan keputusan, maka iapun terjun ke laut. Sebelum terjun ia berjanji akan kembali tiap setahun sekali. Rambut panjang Putri Mandalikalah yang berubah menjadi ikan nyale, untuk memperingati sekaligus menanti kedatangan Putri Mandalika setiap bulan Februari atau Maret masyarakat sekitar membuat acara Bau Nyale.

Keunikan yang lain dari pantai ini adalah pasir yaitu berbentuk merica yang sulit ditemukan di pantai lainnya. Kita bisa merasakan berjalan dan duduk di pasir merica ini. Selain itu kita bisa menemukan pedagang oleh2 khas lombok seperti gelang, baju khas Lombok dan kain tenun.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA