Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Agu 2016 10:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Gedung Juang 45 & Museum Bekasi yang Sarat Sejarah

Foto 1 dari 5
Gedung Juang 45 Bekasi yang tampak kokoh
Gedung Juang 45 Bekasi yang tampak kokoh
detikTravel Community - Dahulu Bekasi juga menjadi saksi dari perlawanan pemuda terhadap penjajah Belanda. Buktinya dapat dilihat dari Gedung Juang 45 dan Museum Bekasi.

Gedung Juang 45 merupakan tempat para pahlawan dahulu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari para penjajah Belanda. Bangunan ini yang terletak di jalan Sultan hasanudin no.5, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.  

Di sebelah Gedung Juang 45 terdapat bangunan Museum Bekasi. Menurut pak Slamet, seorang penjaga di Museum Bekasi, bangunan yang berdiri sejak tahun 1910 ini asal mulanya bernama Gedung Tinggi, di mana di tempat ini terdapat banyak peninggalan pusaka.

Contohnya seperti keris, plakat tembaga, foto prasasti tarumanegara hingga batu. Terdapat juga foto-foto bersejarah sejak zaman penjajahan dahulu, seperti foto suasana Desa kebalen, foto serah terima APWI di Stasiun Bekasi, dan foto Stasiun Kranji tempo doeloe. Selain foto-foto terdapat pula replika peta bekasi tahun 1974 di museum ini.  

Para d'Traveler pun menyimak penjelasan dari pak Slamet dengan serius sambil tak lupa kamera serta gadget selalu standby sedia untuk jepret-mengabadikan moment seru dan penuh edukasi ini.

Setelah puas menjelajah dan berfoto di sekeliling Gedung Juang 45 dan Museum Bekasi, saatnya para d'Traveler bersiap menuju lokasi selanjutnya, yaitu Klenteng Hok Lay Kiong. Piknik ala d'Traveler semakin sore semakin keren. Nantikan keseruan selanjutnya!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED